• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 27 April 2024

Metropolis

Cegah Penyebaran Covid-19, IPNU-IPPNU MANU di Gresik Bagikan Masker

Cegah Penyebaran Covid-19, IPNU-IPPNU MANU di Gresik Bagikan Masker
Pembagian ribuan masker oleh PK IPNU-IPPNU MANU Petung, Panceng, Gresik. (Foto: NOJ/Syafik Hoo)
Pembagian ribuan masker oleh PK IPNU-IPPNU MANU Petung, Panceng, Gresik. (Foto: NOJ/Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim
Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang terdampak Covid-19, sejumlah kalangan menggelar aksi sosial. Sejumlah kegiatan diselenggarakan dari mulai pembagian sembilan bahan pokok, masker, sabun cair tangan, penyemprotan, dan sejenisnya.

 

Di Gresik, salah satu aksi dipelopori pemuda dalam barisan Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Petung, Panceng, Gresik. Mereka mengadakan kegiatan sosial berupa membagikan ribuan masker dan doa shalawat kepada masyarakat. 

 

"Aksi selain bentuk kepedulian sosial pemuda, pelajar dan masyarakat untuk selalu berbagi kebaikan kepada warga yang terdampak virus, sekaligus memberikan edukasi kepada para pemuda pentingnya berbagi kepada yang membutuhkan dan proteksi terhadap persebaran Covid-19," kata Askori Ls, Ahad (19/4).

 

Kepala MANU Petung ini berharap kepada semua masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah agar stay at home atau berdiam di rumah saja. Namun jika ada keperluan yang sangat mendesak, hendaknya selalu memakai masker. 

 

"Masker dapat melindungi sebagai bentuk ikhtiar lahir. Sedangkan ikhtiar batin dianjurkan untuk seluruh warga agar senantiasa memperbanyak membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW yaitu shalawat Thibbil Qulub,” jelasnya.

 

Dikemukakan bahwa pembacaan shalawat dengan harapan mendapatkan syafaat atau berkah sehingga ujian wabah Covid-19 segera berlalu. 

 

Aksi sosial dilakukan di dua titik di jalan raya dan pasar desa dengan melibatkan sembilan pemuda sebagai petugas. Dan biaya kegiatan dihimpun dari iuran beberapa donatur  yang dikumpulkan para pemuda. 

 

"Alhamdulillah kami bisa mengumpulkan dana untuk aksi sosial sehingga bisa membagikan masker dan bacaan shalawat kepada masyarakat agar terhindar dari Covid-19,” kata Fatih. 

 

Koordinator lapangan acara tersebut berharap kegiatan bisa berlajut dengan aksi sosial lain. Tentunya hal tersebut dapat terwujud bila ada partisipasi dari berbagai kalangan.
“Bisa dengan membagi sembako atau yang lainnya,” pungkasnya.

 

Kontributor: Syafik Hoo
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Metropolis Terbaru