• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Tapal Kuda

Penuh Semangat, Pemuda Ini Rela Jalan Kaki 10 Jam Hadiri Haul Genggong

Penuh Semangat, Pemuda Ini Rela Jalan Kaki 10 Jam Hadiri Haul Genggong
Muhammad Rizal Ali, Ketua PC IPNU Kota Probolinggo periode 2020-2022. (Foto: NOJ/Haliza)
Muhammad Rizal Ali, Ketua PC IPNU Kota Probolinggo periode 2020-2022. (Foto: NOJ/Haliza)

Probolinggo, NU Online Jatim 

Seperti diketahui, Haul KH Muhammad Hasan Genggong diselenggarakan pada hari ini Sabtu (20/04/2024), di Halaman Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Probolinggo.

 

Ada banyak kejadian unik dan aneh dalam acara haul kali ini. Salah satunya adalah Muhammad Rizal Ali, Ketua PC IPNU Kota Probolinggo periode 2020-2022.

 

Pemuda asal Jl Musi, Jrebeng Kulon, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo ini rela jalan kaki untuk menghadiri Haul KH. Muhammad Hasan Genggong.

 

Perjalanan ia tempuh dari rumahnya sejak Jum'at sore (19/04/2024) pada jam 16.00 WIB. Hingga tiba di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong pada jam 02.30 WIB dini hari (20/04/2024).

 

Dirinya mengatakan bahwa salah satu motivasinya jalan kaki adalah untuk meneladani KH Muhammad Hasan Genggong saat mencari ilmu dari Probolinggo ke Syaikhona Kholil Bangkalan.

 

"Sebenarnya saya tidak sendiri. Saya ditemani oleh Rudi. Namun di pertengahan jalan, kakinya sakit. Akhirnya saya melanjutkan perjalanan seorang diri," kata Rizal, sapaan akrabnya.

 

Adapun tujuan jalan kaki ini tentunya mengharap barokah KH Muhammad Hasan Genggong dan untuk menghadiri Haul ke-71 Kiai Hasan Sepuh.

 

"Harapannya kelak di hari kiamat, kami ingin diakui sebagai santri beliau. Meskipun ada di barisan belakang sekalipun," jelas Rizal.

 

Rizal berjalan kaki menggunakan kaos hitam dan celana hitam. Sementara di punggungnya, Rizal membawa tas hitam yang lumayan besar.

 

Sontak aksi tersebut menarik perhatian pengendara, ada beberapa pengendara sepeda motor yang menawarkan tumpangan pada dirinya di daerah Klaseman, namun, Rizal tidak mau.


Tapal Kuda Terbaru