• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Tapal Kuda

Cici, Santri Genggong Asal Kangean Juara Menulis Novel

Cici, Santri Genggong Asal Kangean Juara Menulis Novel
Cici, Santri Genggong asal Pulau Kangean, Sumenep. (Foto: NOJ/Istimewa)
Cici, Santri Genggong asal Pulau Kangean, Sumenep. (Foto: NOJ/Istimewa)

Probolinggo, NU Online Jatim
Kepandaian menulis tak harus ditekuni oleh mahasiswa dan kalangan umum. Namun juga bisa ditekuni oleh siswa-siswi atau santriwan dan santriwati. Salah satunya adalah Sri Wahda Musarrafa.
 

Cici adalah panggilan akrabnya. Ia merupakan siswi kelas XII MIPA 1 SMA Unggulan Zainul Hasan Genggong.
 

Cici berhasil meraih juara 1 Lomba Penulis Pemula Novel Islami Tingkat Kabupaten Probolinggo. Kini, ia berhak mewakili Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo mengikuti lomba serupa di tingkat Provinsi Jawa Timur.
 

Diketahui, Cici merupakan santriwati Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong asal Pulau Kangean, Sumenep, Madura. Ia mengikuti lomba tersebut sejak bulan Oktober 2021. Kemudian diumumkan di akhir Januari 2022. Cici menjuarai lomba tersebut dengan novelnya berjudul "Between Genggong-Kangean".
 

Ia mengatakan, salah satu tujuan mengikuti mengikuti lomba tersebut adalah untuk mengasah kemampuan, menambah pengalaman, mengukir prestasi serta mengharumkan nama baik pesantren.
 

"Motivasi saya dalam menulis novel tersebut adalah untuk menorehkan kisah hidup saya sendiri dalam bentuk karya tulis. Karena menulis bagi saya adalah hal abadi yang tidak akan pernah musnah sampai kapanpun," jelas santriwati kelahiran 13 Oktober 2003 tersebut.
 

Cici berharap atas prestasi yang diraihnya saat ini akan lebih meningkatkan semangat mengembangkan bakat menulisnya. “Serta saya berharap, semoga selalu mendapatkan barokah dari guru-guru Pesantren Zainul Hasan Genggong," pungkasnya.
 

Sementara itu, Kepala SMA Unggulan Zainul Hasan Genggong, M Inzah menyampaikan apresiasi atas raihan Cici di bidang literasi.
 

"Saya sangat mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh Sri Wahda Musarrafa. Berharap hal ini bisa ditingkatkan kembali skillnya, dan bisa menular ke adik tingkatnya," katanya.
 

 

M Inzah juga menyampaikan bahwa kegiatan literasi sudah menjadi tradisi di sekolahnya. Untuk ke depannya, ia akan mendatangkan mentor-mentor atau penulis-penulis nasional guna membimbing siswa-siswi setempat.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru