• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Tapal Kuda

Satu Lagi Santri Genggong Lolos Beasiswa Kuliah di Al-Azhar Mesir

Satu Lagi Santri Genggong Lolos Beasiswa Kuliah di Al-Azhar Mesir
Muhammad Hisyam Baihaqi di kampus Univeritas Al-Azhar Kairo, mesir. (Foto: NOJ/Siti Nurhaliza)
Muhammad Hisyam Baihaqi di kampus Univeritas Al-Azhar Kairo, mesir. (Foto: NOJ/Siti Nurhaliza)

Probolinggo, NU Online Jatim

Satu lagi santri dari Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Kabupaten Probolinggo, yang lolos seleksi beasiswa kuliah di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir. Dia adalah Muhammad Hisyam Baihaqi, warga Dusun Suko 1, Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang.

 

Hisyam sudah berangkat ke Mesir pada 17 Januari 2022 lalu. Di sana, putra dari pasangan Saiful Rizal dan Zulaihkah itu langsung disambut para seniornya yang tergabung dalam Ikatan Alumni dan Santri Zainul Hasan (Tanaszaha Cabang Istimewa Mesir). Di kampus itu, Hisyam mengambil Jurusan Syari'ah Islamiyyah, Fakultas Syari'ah wal Qanun.

 

Hisyam memang bercita-cita ingin kuliah di Al-Azhar Kairo, mengikuti jejak para seniornya alumnus Zainul Hasan Genggong yang sudah kuliah di salah satu perguruan tinggi tertua di dunia itu. Dia pun berjuang dan akhirnya mendapatkan beasiswa kuliah di Al-Azhar.

 

“Awalnyaa saya tidak dapat restu untuk kuliah di luar negeri oleh orang tua, namun saya berusaha untuk komunikasi yang baik tentang keuntungan kuliah di luar negeri. Alhamdulillah, orang tua saya merestui," katanya kepada NU Online Jatim melalui percakapan WhatsApp, Senin (24/01/2022).

 

Sebelum mendaftar beasiswa, Hisyam mengikuti kursus bahasa asing di Pare, Kediri. Dia lalu mendaftar melalui Jalur Diktis Kemenag RI pada 14 April 2021 dan tes tulis pada 29 April 2021. Bulan berikutnya, 05 Mei 2021, dia tes lisan. "Alhamdulillah, tes saya semuanya berjalan lancar,” ujarnya.

 

“Dan tanggal 11 Mei 2021 saya dinyatakan lolos. Setelah mendengar kabar bahagia tersebut, saya memilih mediator pemberangkatan dan daftar di Pusiba untuk mengikuti Daurul Lughah (persiapan bahasa) sebelum berangkat," imbuh pria kelahiran 02 November 2003 tersebut.

 

Hisyam mengaku bersyukur apa yang dicita-citakannya kuliah di luar negeri tercapai. “Alhamdulillah, ini semua berkah dari doa orang tua dan Muassis Genggong hingga akhirnya saya bisa berangkat ke Mesir," tandasnya.

 

Untuk diketahui, Hisyam sebelumnya sekolah di Madrasah Aliyah Model Zainul Hasan Genggong. Dia juga aktif di Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdhatul ulama (IPNU) HAFSA Genggong sejak 2019-2021.


Tapal Kuda Terbaru