• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 17 Agustus 2022

Tapal Kuda

Hebat, Dua Santri Pasuruan Lolos Beasiswa Kuliah di Al-Azhar Mesir

Hebat, Dua Santri Pasuruan Lolos Beasiswa Kuliah di Al-Azhar Mesir
Dua santri Pesantren Salafiyah Pasuruan yang lolos seleksi beasiswa LPPD Jatim kuliah di Al-Azhar Kairo, Mesir. (Foto: NOJ/MF)
Dua santri Pesantren Salafiyah Pasuruan yang lolos seleksi beasiswa LPPD Jatim kuliah di Al-Azhar Kairo, Mesir. (Foto: NOJ/MF)

Pasuruan, NU online Jatim

Dua santri dari Pondok Pesantren Salafiyah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, berhasil mendapatkan beasiswa Lembaga Pengembangan Pendidikan Diniyah (LPPD) Jatim dan lolos seleksi kuliah di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

 

Dua santri beruntung itu ialah M Abdul Aziz asal Pasuruan dan M Hasanul Arifin asal Kabupaten Lumajang. Keduanya mendapatkan beasiswa setelah nyantri sembilan tahun di pesantren asuhan KH Idris Hamid bin Abdul Hamid tersebut.

 

"saya ikut tes seleksi itu didaftrakan pesantren, serta mendapatkan informasi dari Gus Taufiq Abdurahman selaku Ketua Yayasan Bayt Al Hikmah Pasuruan pada tahun 2019," kata Abdul Aziz kepada NU online Jatim, Selasa (13/04/2021).

 

Sebetulnya, lebih Aziz, semestinya tes beasiswa itu dilaksanakan pada Maret 2020. Namun karena pandemi Covid-19 akhirnya ditunda satu tahun. Tes tahap pertama dilakukan pada 20-21 Maret 2020 lalu dan tes kedua dilakukan secara online di Gedung Islamic Center Surabaya pada bulan beriktnya.

 

Tes kedua ini ialah wawancara langsung dengan guru besar Al-Azhar melalui Zoom Meeting. Dari banyak peserta yang menjalani tes, Aziz dan temannya satu pesantren, M Hasanul Arifin, dinyatakan lolos bersama 28 peserta lainnya.

 

Sementara itu, Arifin bercerita bahwa pada mulanya ia tidak membayangkan bisa melanjutkan studi ke Al-Azhar. Menurutnya itu hal yang sangat sulit dicapai. Namun, ternyata ia lolos seleksi beasiswa LPPD Jatim. Ia bersyukur atas karunia yang diberikan Allah SWT tersebut.

 

Penulis: Mokh Faisol

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru