• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Metropolis

Cerita Naufal dari Mesir, Santri Gus Ali yang Dapat Beasiswa di Al-Azhar

Cerita Naufal dari Mesir, Santri Gus Ali yang Dapat Beasiswa di Al-Azhar
Para mahasiswa asal Indonesia di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. (Foto: Dokumentasi Naufal Zhalifunas Zadayana)
Para mahasiswa asal Indonesia di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. (Foto: Dokumentasi Naufal Zhalifunas Zadayana)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Tujuh santri dari sejumlah pesantren di Jawa Timur memperoleh beasiswa kuliah di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir. Salah satunya adalah Naufal  Zhalifunas Hadayana, alumni Pesantren Bumi Sholawat Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, asuhan Wakil Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jatim, KH Agoes Ali Masyhuri atau Gus Ali.

 

Dari Mesir, Naufal bercerita bahwa dia memperoleh beasiswa kuliah di Al-Azhar melalui Pengurus Besar NU pada Mei 2021 lalu. “Bulan Oktober mendatang akan mengikuti kelas bahasa,” katanya kepada NU Online Jatim melalui aplikasi WhatsApp, Senin (09/08/2021).

 

Ia mengaku beruntung menjadi salah satu dari sejumlah santri yang mendapatkan beasiswa kuliah di Al-Azhar. Menurutnya, itu tak lepas didikan yang ia peroleh di Pesantren Bumi Sholawat. Karena itu ia mengucapkan terima kasih kepada pengasuh dan seluruh guru yang telah membimbing selama belajar di pesantren.

 

“Di Bumi Sholawat, selain bisa ngaji kitab, saya juga bisa mendapatkan pengetahuan formal semacam sejarah Indonesia dan dunia, ilmu sosial, dan juga tentunya bisa menguasai bahasa Inggris yang masih jarang dikembangkan oleh para da’i. Ini Penting Untuk berdiplomasi sekaligus mempromosikan Islam di negara yang mayoritas belum memeluk agama Islam,” papar Naufal.

 

Selain dirinya, Naufal mengatakan ada enam santri lainnya yang juga mendapatkan beasiswa kuliah di Al-Azhar di bulan Mei. “Bulan Mei lalu ada tujuh santri dari Jawa Timur yang berangkat ke Mesir melalui beasiswa PBNU. Ada yang berasal dari Ponpes Amanatul Ummah Pacet, Mambaul Ma’arif Jombang, Mambaus Sholih Blitar, dan saya sendiri dari Bumi Sholawat  Sidoarjo.”

 

Ia lantas berbagi tips agar lolos beasiswa kuliah di Al-Azhar. Pertama, menghafal Al-Qur’an minimal dua juz, karena di Al-Azhar untuk mahasiswa non-Arab Cuma disyaratkan empat juz agar bisa lulus. Kedua, mempelajari setidak-tidaknya kitab-kitab matan, karena di Al-Azhar banyak menggunakan referensi  kitab tingkat mutawassit sehingga kitab tingkat mubtadi harus sudah dipelajari. Ketiga, sering mendengarkan ceramah ulama Al-Azhar untuk pembiasaan.

 

Penulis: Boy Ardiansyah

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru