• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 27 April 2024

Metropolis

Peduli Warga Terdampak Corona, NU di Porong Sidoarjo Bagikan Sembako

Peduli Warga Terdampak Corona, NU di Porong Sidoarjo Bagikan Sembako
Satgas Covid-19 MWCNU Porong, Sidoiarjo. (Foto: NOJ/Jiran)
Satgas Covid-19 MWCNU Porong, Sidoiarjo. (Foto: NOJ/Jiran)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Posko Satgas (Satuan Tugas) Covid-19 MWCNU Porong, Sidoarjo telah dibentuk oleh Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat beberapa waktu berselang. Pembentukan sesuai edaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dengan memprioritaskan pada bidang kesehatan dan sosial ekonomi. 


Dengan ditunjuknya H Wahyudi sebagai Ketua Satgas Covid-19 MWCNU Porong maka tersusunlah devisi yang terdiri dari seluruh Pengurus NU dan badan otonom. Keberadaannya didukung oleh Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) bersama Unit Pengumpul Zakat, Infaq dan Shadaqah (UPZIS) yang sudah terbentuk di 23 Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) di seluruh Kecamatan Porong.

 

H M Sugiono selaku Ketua Satgas memberikan arahan bahwa keberadaan lembaga fokus dalam mengedukasi warga, mengumpulkan, dan menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat. Terutama Nahdiyin atau warga NU yang terdampak akibat wabah Covid-19.

 

“Program yang sudah terealisasikan mulai dari penyemprotan disinfektan dan pembuatan bilik disinfektan,” katanya, Kamis (30/7).

 

Tidak berhenti sampai di situ, juga dilanjutkan dengan pembagian ribuan masker. Bahkan pada Selasa (28/7) mentasarufkan 300 paket sembilan bahan pokok atau Sembako untuk yatim dan dluafa.

 

“Semuanya ditasarufkan untuk anak yatim akibat pandemi Corona yang menjangkau kawasan se-Kecamatan Porong,” jelasnya.

 

Seremonial pembagian juga dihadiri Forum Pimpinan Kecamatan atau Forpimcam Porong dan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Sidoarjo, Nur Muchamad Sholichuddin.

 

Dirinya menyampaikan bahwa eksistensi Satgas Covid-19 MWCNU Porong patut dijadikan pelopor dalam menjalankan program penanggulangan penyebaran Covid-19. Demikian pula mereka yang terdampak sosial ekonomi di masa pandemi ini. 

 

“Apa yang dilakukan dengan pentasarufan 300 paket Sembako untuk anak yatim di masa pandemi ini merupakan langkah tepat dan cerdas,” katanya.
 

Disampaikannya, saat ini sudah seharusnya membagi protein kepada yatim. Apalagi sebentar lagi mendapatkan protein hewani. “Sehingga apa yang dilakukan diharapkan mampu meningkatkan imun mereka,” jelasnya. 

 

Karena itu dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua komponen yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan dari mulai pengumpulan dana dari kader NU dan badan otonom, termasuk donatur yang tidak mengikat.

 

Dirinya berharap Allah SWT senantiasa menganugerahkan keselamatan, umur panjang, kesehatan serta keberkahan sehingga wabah Covid-19 segera sirna dari muka bumi.

 

“Sehingga akhirnya kehidupan ini bisa berjalan dengan kondusif,” harapnya. 


Editor:

Metropolis Terbaru