• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Tapal Kuda

Tasyakuran YPI Darul Hikam Jember Berikan Santunan Anak Yatim

Tasyakuran YPI Darul Hikam Jember Berikan Santunan Anak Yatim
Penyerahan santunan anak yatim. (Foto: NOJ/MC)
Penyerahan santunan anak yatim. (Foto: NOJ/MC)

Jember, NU Online Jatim

Lembaga Wakaf Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Darul Hikam menggelar acara tasyakuran yang dikemas dalam bentuk 'Doa Bersama Untuk Bangsa & Santunan Anak Yatim' pada Selasa (20/02/2023).

 

Dalam kesempatan itu, Direktur Lembaga Wakaf Prof. Dr. KH. M. Noor Harisudin, S.Ag., S.H., M.Fil.I., CLA., CWC menjelaskan, kegiatan doa Bersama dilakukan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT atas keberkahan, kedamaian dan kemakmuran negara Indonesia.

 

“Kita juga patut bersyukur atas terlaksananya Pemilu 2024 tanggal 14 Februari kemarin yang berjalan dengan damai dan tertib. Ini menunjukkan kedewasaan demokrasi kita sebagai bangsa,” ungkap Prof. Haris yang juga Guru Besar UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

 

Prof. Haris juga menyampaikan bahwa YPI Darul Hikam telah memiliki kantor yayasan yang berfungsi sebagai pusat operasional berbagai kegiatan, termasuk sebagai kantor lembaga wakaf, travel haji dan umroh, pendidikan formal, unit bisnis usaha pesantren dan ruang rapat bagi para pengurus yayasan.

 

“Keberadaan kantor tersebut juga menjadi simbol komitmen YPI Darul Hikam dalam memberdayakan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas layanan dan pelayanan kepada Masyarakat,” tutur Ketua Pengurus Pusat Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara-Hukum Administrasi Negara itu.

 

Selanjutnya, Prof. Haris mengatakan bahwa lembaga wakaf YPI Darul Hikam telah memiliki legalitas sebagai nazhir wakaf uang dari Badan Wakaf Indonesia (BWI). Tidak hanya itu, YPI Darul Hikam juga mempunyai dua nazhir wakaf.

 

“Hal ini menjadi bukti komitmen YPI Darul Hikam dalam mengelola wakaf dengan profesional dan transparan, serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat luas,” kata Ketua Komisi Pengkajian, Penelitian, dan Pelatihan MUI Jawa Timur itu.

YPI Darul Hikam juga memiliki usaha travel yang bernama Darul Hikam Travel, yang telah menjadi bagian integral dalam menyediakan pelayanan travel haji dan umroh bagi masyarakat. Usaha travel ini merupakan upaya konkret yayasan dalam mendukung para jamaah yang berkeinginan untuk menunaikan ibadah haji dan umroh dengan nyaman dan lancar.

 

“Dengan adanya Darul Hikam Travel, YPI Darul Hikam dapat memberikan layanan yang komprehensif dan terpercaya bagi para calon jamaah, mulai dari persiapan administrasi, akomodasi selama perjalanan, hingga proses ibadah di tanah suci,” pungkas Prof. Haris.

 

Acara Doa Bersama dan Santunan Anak Yatim diawali dengan pembacaan surah Yasin dan tahlil, serta doa keselamatan untuk para donatur wakaf YPI Darul Hikam. hingga kemudian diakhiri dengan pembagian santunan anak yatim.


Tapal Kuda Terbaru