• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 2 Desember 2022

Jujugan

Eksotiknya Bendungan Lahor Karangkates Malang yang Bikin Adem

Eksotiknya Bendungan Lahor Karangkates Malang yang Bikin Adem
Bendungan Lahor Karangkates Sumberpucung, Malang. (Foto: NUJ/VDo) 
Bendungan Lahor Karangkates Sumberpucung, Malang. (Foto: NUJ/VDo) 

Malang, NU Online Jatim

Kabupaten Malang ialah salah satu nama kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai luas wilayah yang menyerupai pulau Madura. Mempunyai 33 kecamatan yang di setiap wilayahnya memiliki kenangan.

 

Jika berkunjung ke Malang saat Ramadlan, maka banyak pilihan spot lokasi yang bisa digunakan untuk sekadar menunggu berbuka puasa alias ngabuburit. Salah satunya yakni di Bendungan Lahor yang terletak di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung. Bendungan ini digunakan sebagai irigasi warga sekitar, jalan pintas Malang-Blitar, dan sebagainya.

 

Pengunjung yang hadir di sini bisa menikmati pemandangan danau yang indah dengan pepohonan dan tumbuhan rimbun di sekitarnya. Selain itu sembari menunggu waktu magrib berkumandang, maka pengunjung bisa memancing dengan alat sendiri. Atau sekadar menikmati keindahan alam yang syahdu.

 

NU Online Jatim berhasil menemui Ahmad Farid (25) dari Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang yang sedang duduk santai sembari menunggu adzan magrib. Tampak dirinya sangat menikmati keindahan alam yang ada dengan kawan dari desa yang sama.

 

“Tempat ini saya rasa tepat digunakan untuk ngabuburit karena pemandangannya yang bagus dan cocok untuk ngadem pikiran mas,” katanya, Selasa (04/05/2021).

 

Yang juga menjadi nilai lebih, untuk masuk ke kawasan tersebut tarifnya murah yakni hanya membayar seribu rupiah.

 

“Dengan seribu sudah bisa menikmati keindahan alam yang bagus ini apalagi di kala senja tiba,” kata Farid sapaan akrabnya menjelang magrib.

 

Saat menikmati alam yang demikian indah tersebut, Fari turut menyampaikan pesan agar pengunjung selalu menjaga kebersihan demi kenyamanan bersama.

 

“Tentunya saya berpesan kepada pengunjung agar senantiasa menjaga kebersihan dan tidak membuang sambah sembarangan. Kalau nantinya kotor dan sampah menumpuk juga akan berdampak pada pengunjung juga.” harapnya.

 

Selain Farid, media ini juga berhasil mewawancarai Ririn Setyowati (40). Warga Selorejo Blitar tersebut ngabuburit di tempat ini bersama suami dan dua anaknya.

 

“Kami ajak keluarga ke sini untuk ngabuburit karena selain dekat, juga pemandangannya yang asri serta luas. Selain itu airnya yang jernih menunjukkan daya tarik sendiri untuk ngabuburit di sini,” ujar ibu rumah tangga tersebut.


Editor:

Jujugan Terbaru