• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Madura

Isra’ Mi’raj di Pendopo Bangkalan, Ini Pesan Ketua NU Jatim

Isra’ Mi’raj di Pendopo Bangkalan, Ini Pesan Ketua NU Jatim
Bupati Bangkalan, RKH Abdul latif Imron saat peringatan Isra' Mi'raj, Rabu (24/03/2021). (Foto: NOJ/ Pemkab Bangkalan).
Bupati Bangkalan, RKH Abdul latif Imron saat peringatan Isra' Mi'raj, Rabu (24/03/2021). (Foto: NOJ/ Pemkab Bangkalan).

Bangkalan, NU Online Jatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan menggelar peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Rabu (24/03/2021). Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Agung Kabupaten Bangkalan ini menghadirkan KH Marzuki Mustmar, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur sebagai penceramah.

 

Dalam kegiatan ini, Kiai Marzuki mengajak pejabat dan masyarakat Bangkalan untuk menjaga marwah Syaikhona Kholil. Sementara Bupati Bangkalan, RKH Abdul latif Imron meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bangkalan tetap bersemangat meningkatkan akhlakul karimah meski di tengah Pandemi Covid-19.

 

Kegiatan ini mengusung tema "Tingkatkan keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT dalam membentuk ASN yang Berakhlaqul Karimah". Selain ceramah agama, kegiatan tersebut juga diisi dengan doa bersama dan shalawat.

 

Ra Latif mengatakan, peringatan ini sesungguhnya memiliki makna yang hakiki. Khususnya bagi kaum muslimin untuk selalu menyadari keberadaan dirinya sebagai hamba Allah SWT.

 

"Sehingga senantiasa berupaya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta bersyukur terhadap berbagai nikmat yang telah dilimpahkan," tuturnya sebagaimana dilansir laman Pemkab Bangkalan.

 

Bupati menyampaikan, kepedulian terhadap syiar Islam sebagaimana yang dilakukan dengan menyemarakkan peringatan Isra Miraj diharapkan dapat lebih menyadarkan diri sendiri bahwa betapa sangat kecilnya amal yang telah dilakukan. Hal itu baik untuk agama maupun bangsa dan Negara. 

 

Penyelenggaraan kegiatan juga ini diharapkan dapat turut memberikan implikasi terhadap terbangunnya sikap dan perilaku kesalehan sosial. Khususnya bagi para aparatur Pemerintah Daerah.

 

"Tahun lalu Pemkab tidak mengadakan acara Isra' Mi'raj. Tahun ini kita adakan dengan undangan terbatas dan sederhana, tak lain untuk memberikan spirit ditengah pandemi ini," terangnya.

 

Dalam kesempatan ini, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar menyatakan, bahwa Bangkalan merupakan kiblat Ahlussunnah wal Jamaah di dunia. Bangkalan menjadi cikal bakal lahirnya organisasi besar Nahdlatul Ulama oleh Syaikhona Kholil.

 

“Karena setelah pembunuhan para ulama di Hijaz, para ulama banyak yang berguru kepada Syaikhona Kholil dan para ulama pada saat itu berburu sanad, satu satunya yang ada saat itu Syaikhona Kholil,” ungkap Kiai Marzuki dikutip pojoksuramadu.com.

 

Oleh sebab itu, ia berpesan kepada semua pejabat dan masyarakat Bangkalan untuk menjaga marwah Syaikhona Kholil dengan cara berprilaku baik, jujur serta bijak dalam melaksanakan tugas.

 

Baca juga:

 

“Bahwa menjaga moral kita adalah bagian dari identitas agama Islam. Jika moral kita baik maka kewibawaan agama Islam semakin disegani oleh siapapun,” ungkap Kiai Marzuki.


Editor:

Madura Terbaru