• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Madura

SD Al-Muawanah Sampang, Didik Siswa Ngaji Kitab Kuning dan Berprestasi

SD Al-Muawanah Sampang, Didik Siswa Ngaji Kitab Kuning dan Berprestasi
Siswa-siswi SD Al-Muawanah ketika mengikuti pembelajaran Al- Qur'an dengan menggunakan metode qiroati. (Foto: NOJ/ Fahromi Nashihuddin).
Siswa-siswi SD Al-Muawanah ketika mengikuti pembelajaran Al- Qur'an dengan menggunakan metode qiroati. (Foto: NOJ/ Fahromi Nashihuddin).

Sampang, NU Online Jatim

Al-Muawanah merupakan nama salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sampang yang mengimplementasikan pendidikan integral. Yakni sistem pendidikan yang memadukan antara pendidikan Islam dan ilmu umum sebagai proses pembelajaran. Salah satunya pelajaran kitab kuning yang merupakan khas pesantren.

 

Berdiri pada tahun 2013, SD Al-Muawanah dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin putra-putrinya mengenyam pendidikan sekolah dasar dengan memberikan pendidikan agama dan umum dengan porsi berimbang.

 

"SD Al-Muawanah didirikan untuk menjawab pertanyaan dan kegelisahan wali murid yang bingung memilih antara pendidikan umum dan agama, maka lahirlah SD Al-Muawanah yang dibina oleh Ketua Yayasan almarhum KH Sholahur Robbani," ungkap Ustadzah Citra Ariani, Kepala SD Al-Muawanah, kamis (02/09/2021).

 

Ia menjelaskan bahwa sistem pendidikan SD Al-Muawanah tetap mengikuti standarisasi dinas pendidikan tanpa mengurangi semua ketetapan. Hanya saja menambahkan pendikan agama seperti kitab kuning, bahasa arab dan lainnya.

 

Memiliki kurikulum yang unggul dalam pendidikan Islam dan umum, SD Al-Muawanah mempunyai misi untuk mencetak peserta didik yang beriman, berilmu, berakhlak mulia, dan berprestasi. Dengan itu, SD Al-Muawanah telah mengadakan 2 kali kelulusan serta memiliki 135 murid yang terus dididik hingga saat ini.

 

Lembaga swasta kaya prestasi

Ustadzah Citra menyampaikan, lembaganya sangat aktif mengikuti berbagai ajang kompetisi baik yang bersifat kedinasan maupun swasta. Terbukti hingga saat ini sudah banyak penghargaan diraih.

 

"Alhamdulillah bentuk semangat itu terbukti. Kita telah memiliki banyak trofi dan piagam penghargaan yang didapatkan oleh anak didik kita, sehingga pihak sekolah terutama guru pelatih lebih semangat dan antusias lagi untuk mendapatkan prestasi yang lebih," katanya.

 

SD Al-Muawanah pernah menerima penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Sampang sebagai Sekolah Dasar dengan jumlah nilai 254,68 sepuluh besar dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD/MI tahun pelajaran 2018/20219 di Sampang.

 

Kemudian, siswa kelas 6 SD Al-Muawanah Sulthon Abidin pernah menjadi juara 1 Lomba Pantomim SD tingkat Provinsi Jawa Timur. Ia juara meraih 1 Lomba Dongeng Madura se- Kabupaten Sampang dalam lomba yang digelar oleh Dharma Wanita Persatuan Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Sampang.

 

 

"Alhamdulillah, masih banyak lagi prestasi yang telah diraih oleh anak didik kami. Mulai dari mapel seperti ajang yang diadakan Topaz, lomba berbasis agama seperti surah pendek, doa-doa, dan pidato, kemudian bidang kesenian seperti tari adat serta banyak lagi lainnya," pungkasnya.

 

Penulis: Fahromi Nashihuddin 

Editor: Romza


Editor:

Madura Terbaru