• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 Agustus 2022

Malang Raya

Gelar PKD Virtual, PMII UIN Malang Siapkan Kader yang Berdedikasi

Gelar PKD Virtual, PMII UIN Malang Siapkan Kader yang Berdedikasi
PKD Virtual PK PMII Sunan Ampel Malang (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki).
PKD Virtual PK PMII Sunan Ampel Malang (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki).

Malang, NU Online Jatim

Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sunan Ampel Malang menggelar Pelatihan Kader Dasar (PKD). Kegiatan yang mengusung tema ‘Berdedikasi Untuk PMII’ ini digelar secara virtual, Jumat-Ahad (23-25/07/2021).

 

Ketua PK PMII Sunan Ampel Malang, Muhammad Adhien Nugroho mengatakan, pelaksanaan PKD Virtual ini atas kooordinasi dengan Pengurus Cabang (PC) PMII Kota Malang.

 

Ia mengaku diberi keleluasaan sepenuhnya terkait dengan pedoman kaderisasi yang digelar virtual ini. Kendati demikian, pihaknya tetap mengacu pada pedoman kaderisasi formal sebelumnya.

 

“Karena mendesak, maka pelaksanaan kaderisasi virtual ini diizinkan. Karena pandemi ini belum diketahui kapan akan berakhir, sedangkan masa periode kami akan segera berakhir,” ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Sementara itu, Ketua Pelaksana M Afthon Hilman menyampaikan, bahwa latar belakang diadakannya PKD Virtual tersebut sebagai wujud kepatuhan terhadap imbauan pemerintah.

 

Pihaknya pun mengaku tidak menggelar PKD secara hybrid karena akan membuat kesenjangan antara peserta online dan offline. Hal tersebut berdasarkan pengalamannya di sejumlah kegiatan yang terkesan peserta online kurang mendapat perhatian.

 

“Pengalaman saya ketika mengadakan kegiatan secara hybrid membuat peserta offline lebih diperhatikan, sedangkan peserta online seakan-akan tidak terurus. Kalau diadakan full virtual bisa dipastikan seluruh panitia akan memantau jalannya kegiatan,” imbuh Afthon.

 

Afthon menambahkan, bahwa PKD ini digelar demi melahirkan kader yang berdedikasi. Seperti halnya kader yang punya keahlian desain, jurnalistik, public speaking, dan pengetahuan lainnya nanti bisa dikembangkan dan ditularkan kepada peserta lainnya.

 

“Hal ini dilakukan tentunya demi kemajuan PMII  di masa yang akan datang,” kata mahasiswa Jurusan Akuntansi angkatan 2017 tersebut.

 

Alumni MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto tersebut berharap, gelaran PKD kali ini dapat menjadi sistem baru bagi kaderisasi PMII. Karena kondisi saat ini sangat tidak menentu dan tidak dapat dipastikan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir.

 

“Saya berharap agar dalam PKD kali ini dilakukan evaluasi. Agar kegiatan serupa di kemudian menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.

 

 

Hadir secara virtual dalam kegiatan ini Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Abd Haris, Ketua Umum PB PMII Muhammad Abdullah Syukri atau Gus Abe, Ketua PC PMII Kota Malang Moh Sa’i Yusuf, dan tokoh-tokoh lainnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Malang Raya Terbaru