• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Matraman

Ketua Ansor Jatim:  Gus Im Sosok yang Menghindari Popularitas 

Ketua Ansor Jatim:  Gus Im Sosok yang Menghindari Popularitas 
Almarhum H Hasyim Wahid atau Gus Im. (Foto: NOJ/Mn)
Almarhum H Hasyim Wahid atau Gus Im. (Foto: NOJ/Mn)

Jombang, NU Online Jatim
Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur turut merasa kehilangan atas meninggalnya adik bungsu Gus Dur yaitu H Hasyim Wahid, Sabtu (1/8).

 

Dalam pandangan Ketua PW GP Ansor Jawa Timur, H Syafiq Syauqi, bahwa sosok almarhum yang lebih akrab disapa Gus Im adalah panutan kaum muda yang telah melahirkan banyak tokoh nasional dari Nahdlatul Ulama.

 

"Beliau sosok yang anti popularitas, ikhlas, istikamah, termasuk saat mengawal Gus Dur juga dijalani dengan sepenuh hati," kata Gus Syafiq.

 

Ketika Gus Dur jadi presiden, Gus Im menjadi salah satu informan dan sering memberikan solusi yang sangat krusial termasuk terkait keamanan negara.

 

"Jaringan beliau cukup luas dan mempunyai peran penting. Ini jadi teladan kita semua terutama kaum muda Nahdliyin bahwa ada sosok yang perannya sangat besar tapi tidak mencari popularitas," ungkapnya.

 

Gus Im juga dikenal sebagai sosok religius. Anak dari KH Wahid Hasyim tersebut dikenal rajin ziarah ke makam aulia.

 

"Beliau juga seringkali mengajak teman-teman pemuda Nahdliyyin riyadhah," terang Gus Syafiq.

 

Walaupun Gus Im adalah sosok religius, menurut Gus Syafiq  penampilannya tidak menunjukkan kesalehan secara formal.

 

"Gus Im adalah sosok yang mengajarkan pemuda Nahdliyin agar bisa tajam secara intelektual, dan matang secara spiritual," pungkasnya.


 


Editor:

Matraman Terbaru