• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 April 2024

Matraman

Peduli Sampah, Syuriah NU Ponorogo Ciptakan Produk Ramah Lingkungan

Peduli Sampah, Syuriah NU Ponorogo Ciptakan Produk Ramah Lingkungan
Produk pembalut cuci ulang. (Foto: NOJ/Zen)
Produk pembalut cuci ulang. (Foto: NOJ/Zen)

Ponorogo, NU Online Jatim

Berangkat dari keprihatinan terhadap lingkungan, khususnya sampah pembalut sekali pakai, Kiai Hanif Abdul Ghofir Wakil Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Ponorogo, membuat produk pembalut wanita cuci ulang, sebagai solusi permasalahan itu. Produk ini dinamakan pembalut cuci ulang Nazawa. Pembalut ini terbuat dari bahan yang aman dan ramah lingkungan.   

 

Gus Hanif sapaan akrabnya mengatakan, karya tersebut berawal atas keprihatinan akan banyaknya sampah pembalut yang mulai menumpuk di sungai-sungai dan sangat berbahaya bagi ekosistem. Hal itu membuatnya memikirkan cara yang tepat agar dapat mengurangi sampah yang sulit diurai alami itu. 

 

"Akhirnya, saya membuat pembalut yang bisa pakai ulang," katanya kepada NU Online saat ditemui di Pondok Pesantren Daarun Najaa, Dusun Jalen, Desa Ngrukem, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Selasa (06/04/2021). 

 

Gus Hanif mengungkap pembalut ini sangat aman karena bahannya menggunakan bahan yang steril sesuai kebutuhan wanita. Kemudian memiliki warna-warni menarik yang disukai wanita. 

 

"Ada empat lapisan, dari kain katun, di dalamnya kain diadora 4 lapis, dan anti tembus plastik santensit," paparnya.

 

Ia menambahkan untuk mendapatkan produk tersebut bisa menggunakan aplikasi belanja online. 

 

"Kami memasarkan produk ini melalui aplikasi belanja online. Bisa dicari sesuai dengan nama produk kami," pungkasnya.

 

Editor: Risma Savhira


Matraman Terbaru