• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Matraman

Usai Turba PWNU Jatim, NU Ponorogo Siap Dirikan BMT

Usai Turba PWNU Jatim, NU Ponorogo Siap Dirikan BMT
Turba PWNU Jatim di PCNU Ponorogo, Sabtu (12/06/2021).
Turba PWNU Jatim di PCNU Ponorogo, Sabtu (12/06/2021).

Ponorogo, NU Online Jatim

Turba Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengusung semangat lima gerakan NU. Salah satunya gerakan kemandirian ekonomi. Menyongsong 1 abad NU, PWNU menargetkan seratus BMTNU berdiri di seluruh Pengurus Cabang NU di Jatim.

 

Spirit kemandirian ekonomi itu disambut PCNU Kabupaten Ponorogo. Ketua Tanfidziyah PCNU setempat Kiai Fatchul Aziz mengatakan, PCNU Ponorogo saat ini belum memiliki unit usaha BMTNU. Namun bukan berarti tidak memiliki upaya untuk mewujudkan itu.

 

Nah, Turba PWNU Jatim di Kabupaten Ponorogo pada Sabtu (12/06/2021) malam menjadi pelecut bagi PCNU Ponorogo untuk merealisasikan itu. Rencananya dalam waktu dekat akan didirikan BMTNU.

 

Kiai Aziz menjelaskan, kendala BMTNU belum terbentuk di Ponorogo salah satunya karena belum siapnya sumber daya manusia (SDM) yang ahli di bidang itu. Sebab, diketahui BMTNU merupakan lembaga keuangan berbasis syariah yang berbeda dengan lembaga keuangan konvensional.

 

Usai kegiatan turba, lanjut dia, PCNU Ponorogo nantinya akan menindaklanjuti pendirian BMTNU dengan koordinator dan anggota bidang ekonomi yang fokusnya adalah menentukan dan mempersiapkan SDM.

 

“Kita akan siapkan kerangkanya terlebih dahulu, dan kita tetapkan orangnya yang benar-benar ahli di bidangnya,” kata Kiai Aziz kepada NU Online Jatim.

 

Gerakan ekonomi mandiri menjadi salah satu isu utama dalam kegiatan Turba PWNU Jatim di seluruh PCNU se Jawa Timur. Di setiap daerah yang disinggahi turba, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar selalu mengingatkan itu. Menurutnya, pemberdayaan ekonomi warga NU, terutama yang kategori kurang mampu, adalah bagian dari jihad.

 

Cita-cita berdirinya 100 Baitul Mal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMTNU) di Jawa Timur pun menjelang 1 abad NU digaungkan. Saat ini, semangat itu terus membara dengan telah berdirinya puluhan BMTNU di seluruh Jatim.

 

"Sekarang masih ada 30 (BMTNU di Jawa Timur). PCNU Bangil, nanti bentuk tiga BMTNU. PCNU kota (Pasuruan) tiga. PCNU kabupaten minimal sepuluh BMTNU," kata Kiai Marzuki saat turba di PCNU Pasuruan beberapa waktu lalu.

 

Editor: Nur Faishal


Matraman Terbaru