• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Metropolis

ADVETORIAL

3G Segera Dinonaktifkan, Telkomsel Ingatkan Pelanggan Bermigrasi ke 4G

3G Segera Dinonaktifkan, Telkomsel Ingatkan Pelanggan Bermigrasi ke 4G
Vice President Consumer Sales Jawa Bali Riny Novitriyanti mengedukasi pelanggan untuk migrasi ke kartu 4G. (Foto: NOJ/Humas)
Vice President Consumer Sales Jawa Bali Riny Novitriyanti mengedukasi pelanggan untuk migrasi ke kartu 4G. (Foto: NOJ/Humas)

Surabaya, NU Online Jatim
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate beberapa waktu lalu, mengatakan, sinyal 3G dimatikan. Dengan demikian, penggunaan frekuensi oleh operator selular dapat difokuskan untuk pengembangan dan peningkatan kualitas 4G agar lebih cepat. Sejalan dengan hal tersebut, Telkomsel sebagai telco digital leader di Indonesia, sejak akhir Maret 2022 Telkomsel mulai melakukan upgrade layanan 3G ke 4G di 50 kabupaten/kota secara bertahap di Jawa Bali. Ditargetkan sampai akhir tahun ini, sinyal 3G Telkomsel tuntas dinonaktifkan.

 

Di Jawa Timur sendiri secara masif juga melakukan edukasi dan sosialisasi kepada pelanggan 3G tentang upgrade layanan 3G ke 4G. Mereka yang masih menggunakan smartphone 3G juga segera mengganti dengan smartphone 4G karena untuk bisa bermigrasi ke 4G harus menggunakan smartphone 4G.

 

“Ini sebagai bentuk Telkomsel mematuhi aturan yang ditetapkan Menkominfo. Satu diantaranya, kami terus mengingatkan kepada pelanggan 3G di Jawa Timur untuk segera bermigrasi ke layanan 4G dengan menukarkan kartu SimCard ke GraPARI Telkomsel terdekat,”kata Vice President Consumer Sales Area Jawa Bali, Riny Novitriyanti.

 

Migrasi ini juga upaya perluasan pemerataan layanan 4G dengan menonaktifkan sinyal 3G di beberapa wilayah. Seperti di Sidoarjo dan beberapa kota/kabupaten lainnya di Jawa Timur, terhitung mulai 20 Juli 2022 mendatang, secara permanen, dipastikan tidak tersedia jaringan seluler generasi ketiga lagi. Pada tanggal tersebut pula, Telkomsel menonaktifkan sinyal 3G.

 

Sebelum tanggal tersebut, kata Riny akan ada beberapa penonaktifan 3G di beberapa kota di Jawa Timur, seperti kota Surabaya, Bangkalan, Madiun, Magetan, Mojokerto, Kediri, Sampang, Ngawi, Pacitan, Pasuruan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung,  Blitar dan Pamekasan. 

 

“Itu sebabnya, kami kembali mengingatkan agar pelanggan yang masih menggunakan kartu 3G segera migrasi ke kartu 4G Telkomsel ke GraPARI terdekat agar dapat menikmati Digital Experience terbaik,"ujarnya.

 

Riny mengatakan, sejak Maret hingga saat ini jumlah pelanggan 3G Telkomsel di wilayah Jawa Timur yang sudah banyak yang melakukan migrasi SimCard 4G.

 

"Sisanya diharapkan segera bermigrasi sebelum sinyal 3G Telkomsel dinonaktifkan secara permanen," katanya.

 

Riny menambahkan Telkomsel mempermudah pelanggan 3G untuk bermigrasi ke layanan 4G dengan menyediakan perangkat smartphone 4G dengan harga terjangkau. Smartphone 4G tersebut bisa dibeli di GraPARI terdekat maupun di toko-toko HP yang ada di daerah.

 

"Untuk jadwal daftar kota/kabupaten yang telah dilakukan peningkatan/pengalihan layanan 3G ke 4G sesuai periode waktu dapat diakses melalui: www.telkomsel.com/untungjadi4g. Upgrade layanan 3G ke 4G tersebut kondisional atau bisa berubah sewaktu-waktu yang tergantung kesiapan masing-masing wilayah," pungkasnya.


Metropolis Terbaru