• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Metropolis

Berikut Empat Kiai Sepuh NU Jatim yang Hari Ini Divaksin

Berikut Empat Kiai Sepuh NU Jatim yang Hari Ini Divaksin
Kegiatan vaksinasi di kantor PWNU Jawa Timur, Selasa (23/03/2021). (Foto: NOJ/Pan)
Kegiatan vaksinasi di kantor PWNU Jawa Timur, Selasa (23/03/2021). (Foto: NOJ/Pan)

Surabaya, NU Online Jatim

Hari ini, Selasa (23/03/2021), sejumlah ulama dan kiai di Jawa Timur akan mengikuti vaksinasi dosis kedua. Yang istimewa, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi berkenan menyaksikan langsung pada acara yang dipusatkan di kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur tersebut.

 

“Insyaallah Menkes yang hadir dan menyaksikan vaksinasi untuk kali ini,” kata H Syukron Dosy kepada NU Online Jatim.

 

Wakil Sekretaris PWNU Jawa Timur tersebut mengemukakan bahwa ada empat kiai sepuh yang hadir pada vaksinasi dosis kedua kali ini.

 

“Keempatnya adalah KH Anwar Manshur, KH Anwar Iskandar, KH Agus Ali Masyhuri, serta KH Abdul Matin Djawahir,” ungkapnya.

 

KH Anwar Manshur adalah Rais PWNU Jatim dan pengasuh di Pesantren Lirboyo, Kediri. Sedangkan KH Anwar Iskandar menduduki jabatan Wakil Rais PWNU Jatim, serta pengasuh Pondok pesantren Al-Amin, Kediri. 

 

KH Agus Ali Masyhuri sehari-hari dikenal sebagai pengasuh Pondok Pesantren Bumi Shalawat, Tulangan, Sidoarjo. Di PWNU Jatim sebagai Wakil Rais. Demikian pula KH Abdul Matin sebagai wakil rais dan Pengasuh di Pondok Pesantren Sunan Bejagung, Tuban.

 

Dijelaskannya bahwa vaksinasi kali ini merupakan dosis kedua dari kegiatan serupa yang digelar Selasa (23/02/2021) lalu. Mereka adalah para kiai sepuh yang usianya di atas 60 tahun.

 

Sebelumnya, PWNU Jatim menggelar vaksinasi menjelang hari lahir ke-98 NU. Acara tersebut diikuti setidaknya 98 kiai, termasuk aktivis NU setempat.

 

“Vaksinasi untuk 98 kiai NU ini merupakan yang pertama kali di Indonesia,” jelas alumnus Pesantren Zainul Hasan, Genggong, Probolinggo tersebut.

 

Di kesempatan lalu, Ketua Panitia Harlah ke-98 NU di Jatim, KH Abdussalam Sochib menjelaskan bahwa vaksin pertama akan diberikan kepada rais dan Ketua PWNU Jawa Timur.

 

“Yang pertama akan divaksin adalah KH Anwar Manshur, Rais PWNU Jawa Timur, kemudian KH Marzuki Mustamar, Ketua PWNU Jawa Timur. Dan dilanjutkan dengan kiai-kiai lainnya,” kata Gus Salam, sapaan akrabnya .

 

Dan untuk kegiatan kali ini, vaksinasi yang diberikan adalah jenis AstraZeneca. Setidaknya ada seratus aktivis PWNU Jatim yang mengikuti vaksinasi. 


Editor:

Metropolis Terbaru