• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Metropolis

Usai Divaksin, Ketum MUI Jatim: AstraZeneca Halalan Thayyiban

Usai Divaksin, Ketum MUI Jatim: AstraZeneca Halalan Thayyiban
Presiden Jokowi bersama Forkopimda dan Ketum MUI Jatim saat meninjau vaksinasi di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Senin (22/03/2021)
Presiden Jokowi bersama Forkopimda dan Ketum MUI Jatim saat meninjau vaksinasi di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Senin (22/03/2021)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Hasan Mutawakkil Alallah menyatakan bahwa vaksin merek AstraZeneca halal dan baik untuk digunakan. Karena itu, dari sudut hukum Islam, AstraZeneca bisa dan boleh digunakan untuk program vaksinasi yang dilaksanakan oleh pemerintah.

 

Hal itu disampaikan Kiai Mutawakkil usai mengikuti vaksinasi yang dihadiri Presiden Jokowi di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Senin pagi (22/03/2021). Disaksikan Jokowi, di sana Kiai Mutawakkil turut divaksin bersama sejumlah ulama, tokoh masyarakat, pejabat, dan perwakilan dari warga kabupaten setempat.

 

Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo itu mengatakan, Jokowi telah bertemu dengan para kiai sepuh dan mendengarkan pendapat dan respon dari para kiai dan para pengasuh dari pondok pesantren bahwa vaksin tentang AstraZeneca dari sudut pandang hukum Islam.

 

“Dan (vaksin AstraZeneca) hukumnya halalan thayyiban dan memang seharusnya untuk dimanfaatkan program vaksinasi pemerintah ini karena tujuannya tidak lain untuk menjaga jiwa dan keselamatan rakyatnya. Tidak ada pemerintah yang akan mencelakakan rakyatnya sendiri,” kata Kiai Mutawakkil.

 

Menurunya, vaksin AstraZeneca memang seharusnya untuk dimanfaatkan dalam program vaksinasi yang dilakukan, karena tujuannya tidak lain untuk menjaga jiwa dan keselamatan rakyatnya. Kata dia, tidak ada pemerintah yang akan mencelakakan rakyatnya sendiri.

 

“InsyaAllah MUI sesuai dengan hasil audit LBPOM dan juga hasil musyawarah komisi fatwa bahwa hari ini akan memberikan fatwa ke halalan penggunaan vaksin AstraZeneca dan keamanan penggunaannya,” ucap Kiai Mutawakkil.

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru