• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 7 Juli 2022

Metropolis

Berkat Jatim Cerdas, Kinerja Pendidikan Jatim Tertinggi se-Indonesia

Berkat Jatim Cerdas, Kinerja Pendidikan Jatim Tertinggi se-Indonesia
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang mengusung Jatim Cerdas dalam Nawa Bhakti Satya membuahkan prestasi Kinerja Pendidikan Jatim Tertinggi se-Indonesia. (Foto: NOJ/Ist)
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang mengusung Jatim Cerdas dalam Nawa Bhakti Satya membuahkan prestasi Kinerja Pendidikan Jatim Tertinggi se-Indonesia. (Foto: NOJ/Ist)

Surabaya, NU Online Jatim

Provinsi Jawa Timur kembali menunjukkan kinerja terbaiknya dalam bidang pendidikan. Setelah berbagai prestasi tingkat nasional dan internasional yang terus diraih oleh para siswa maupun guru, kini kinerja pendidikan Jawa Timur dinilai yang tertinggi di Indonesia. Hal tersebut salah satunya berkat kebijakan Jatim Cerdas yang termasuk Nawa Bhakti Satya Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Jawa Timur.

 

Penilaian itu dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam highlight Indeks Kinerja Urusan Pendidikan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Laporan yang dirilis pada bulan September 2021 tersebut menunjukkan bahwa indeks kinerja pendidikan Jawa Timur mencapai 4,2308 poin, mengungguli 33 Provinsi lain di Indonesia.

 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan rasa syukurnya karena berbagai program di bidang pendidikan yang dilakukan oleh Pemprov Jatim selama ini berbuah apresiasi yang membanggakan.

 

“Kita patut bersyukur karena berbagai ikhtiar yang kita dilakukan  untuk memberikan pelayanan pendidikan dan kualitas yang terbaik untuk masyarakat Jawa Timur menunjukkan hasil yang sangat memuaskan,” ujar Khofifah dalam keterangannya, Rabu (06/10/2021).

 

Gubernur Khofifah pun mengapresiasi atas kinerja semua pihak, baik jajaran Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota maupun masyarakat yang telah bekerja keras untuk menjaga marwah pendidikan di Jawa Timur.

 

“Apalagi  pendidikan merupakan salah satu sektor yang paling terdampak selama pandemi Covid-19,” ungkapnya.

 

Selanjutnya, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa kinerja pendidikan Jawa Timur yang diapresiasi oleh Kemendagri merupakan buah dari kebijakan Jatim Cerdas yang merupakan bagian dari Nawa Bhakti Satya program Pemprov Jawa Timur.

 

Menurutnya, berbagai program dari Jatim Cerdas yang diikuti dengan alokasi anggaran yang memadai serta inovasi dalam bidang pendidikan telah terbukti mampu memacu prestasi pendidikan Jawa Timur.

 

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh insan pendidikan di Jawa Timur, terutama kepada para kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa yang selama ini berkolaborasi untuk memajukan Pendidikan di Jawa Timur,” tandasnya.

 

Capaian kinerja pendidikan Jawa timur ini semakin melengkapi berbagai prestasi yang telah diraih Jawa Timur selama ini. Sebagaimana dilaporkan sebelumnya, Jawa Timur menduduki peringkat tertinggi di Indonesia yang siswa-siswinya diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

 

Selain itu, antusiasme guru-guru di Jatim dalam meningkatkan kemampuan dalam menerapkan pembelajaran berbasis TIK juga menjadi prestasi yang membanggakan. Terbukti tahun 2021 ini Jawa Timur menjadi provinsi dengan peserta terbanyak secara nasional, yakni sebanyak 14.309 orang, dalam Program PembaTIK 2021.


Metropolis Terbaru