• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Metropolis

Buka Peluang Usaha, Pemkab dan NU Sidoarjo Gelar Pameran Angkringan Santri

Buka Peluang Usaha, Pemkab dan NU Sidoarjo Gelar Pameran Angkringan Santri
Salah satu stan peserta pameran Angkringan Santri di Alun-alun Sidoarjo.(Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Salah satu stan peserta pameran Angkringan Santri di Alun-alun Sidoarjo.(Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo bekerja sama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat menggelar pameran program Seribu Angkringan Santri (SAS).  Kerja sama melalui melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sidoarjo ini dikemas dalam acara Kampung Dardjo dan Angkringan.


Acara yang merupakan rangkaian dari peluncuran program SAS ini dipusatkan di Alun-alun Sidoarjo bersamaan dengan May Day Job Fair yang dipusatkan di Alun-alun Sidoarjo dan akan berlangsung selama 12 hari ke depan (24 Mei – 05 Juni 2022).


Kepala Disnaker Sidoarjo Fenny Apridawati mengatakan, program Seribu Angkringan Santri (SAS) yang diluncurkan oleh Wakil Bupati Sidoarjo H Subandi pada Selasa (24/05/2022) kemarin tersebut diharapkan mampu menyerap tenaga kerja baru di Kabupaten Sidoarjo.


"Pemkab Sidoarjo bekerja sama dengan  PCNU Sidoarjo membuat program SAS ini memiliki tujuan untuk menyerap tenaga kerja baru dengan program kemitraan, adapun dalam pelaksanaan kegiatan SAS non APBD ini,  kami menggandeng pihak ketiga," kata Fenny.


Lebih lanjut, pihaknya berharap program SAS ini benar-benar bisa menyerap kurang lebih 2000 tenaga kerja baru di Sidoarjo sebagai upaya Pemkab Sidoarjo dalam membuka peluang lapangan kerja baru.


Fenny menambahkan, proses perekrutan para calon entrepreneur penjual angkringan penerima manfaat program ini  diambilkan dari kalangan santri di Sidoarjo melalui Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Sidoarjo, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa.


"Kami telah melakukan verifikasi kepada calon penerima rombong angkringan. Mereka kami harapkan bisa membuka usaha kuliner angkringan minimal sampai satu tahun ke depan, jika selama satu tahun berjalan maka rombong angkringan akan menjadi milik penjual," ungkapnya.


Dijelaskannya, program SAS ini melibatkan pihak ketiga sebagai Event Organizer (EO) pelaksana yakni DMR Production dengan menggandeng sejumlah sponsor diantaranya Kopi Gadjah dan Djarum 76 Madu.


Sementara itu, Founder DMR Production, Damar mengungkapkan, selain May Day Job Fair 2022 (24-25/05/2022) dan Kampoeng Dardjo Tjap Angkringan, dalam event ini juga akan digelar pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Festival Kuliner dan Jajanan Kampung. 


“Kami bersama Pemkab Sidoarjo, PCNU dan MWCNU sudah beberapa kali bekerja sama menggelar rangkaian gebyar UMKM Pasar Murah Ramadhan serta Gebyar Lebaran Sidobangkit. Dalam acara ini kami juga menghadirkan 18 rombong angkringan wakil dari 18 MWCNU se-Sidoarjo " ungkapnya.


Ririk Masruroh, salah satu pengurus stan angkringan dari MWCNU Sukodono mengapresiasi atas program SAS yang dicanangkan oleh Pemkab dan PCNU Sidoarjo tersebut. Menurutnya, program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat pelaku UMKM seperti dirinya.


“Alhamdulillah, pada hari pertama kemarin stan kami laris manis, kegiatan ini selain menambah pendapatan juga untuk menambah wawasan tentang cara memasarkan produk, penyajian menu, dan manajemen pengelolaan angkringan. Terima kasih kepada Bapak Bupati Sidoarjo, Disnaker, PCNU dan MWCNU Sukodono yang telah memfasilitasi kami melalui progam ini,” ujar Sekretaris I Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Sukodono tersebut kepada NU Online Jatim, Rabu (25/05/2022).


Sebagaimana diketahui, selama pameran berlangsung, para pengunjung acara ini juga akan dihibur dengan sajian musik religi, terbang jidor, qasidah rebana dan hiburan lainnya yang akan ditampilkan oleh sejumlah badan otonom (banom) dan lembaga Nahdlatul Ulama (NU).


Editor:

Metropolis Terbaru