• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 2 Oktober 2022

Metropolis

IPNU IPPNU di Sidoarjo Latih Kadernya untuk Capai Kesempurnaan Shalat

IPNU IPPNU di Sidoarjo Latih Kadernya untuk Capai Kesempurnaan Shalat
Acara Kiat Mencapai Kesempurnaan dalam Shalat. (Foto: NOJ/Alifian)
Acara Kiat Mencapai Kesempurnaan dalam Shalat. (Foto: NOJ/Alifian)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Dalam rangka memperingati Isra' Mi'raj 1442 H, Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Kebonsari, Kecamatan Candi, Sidoarjo mengadakan acara pelatihan dan pembetulan dalam kesempurnaan shalat. Acara yang bertajuk 'Kiat Mencapai Kesempurnaan dalam Shalat' itu diadakan untuk memberi pemahaman tentang kesempurnaan dalam shalat kepada para anggota IPNU IPPNU Desa Kebonsari. 

 

Acara yang diadakan pada Kamis pukul 18.00 itu dilaksanakan di TPQ Az-Zakiyyah yang bertempat di Desa Kebonsari RT 06 RW 01 Kecamatan Candi, Sidoarjo

 

Kata M Saiful Rizal selaku ketua PR IPNU IPPNU Desa Kebonsari, acara ini diadakan agar anggota IPNU IPPNU Desa Kebonsari mengerti tata cara shalat yang benar dan sah secara hukum Islam.

 

"Acara ini saya adakan supaya ke depan IPNU IPPNU Ranting Kebonsari bisa menjalankan shalat dengan tata cara yang benar," katanya.

 

Dalam acara ini juga dihadirkan pemateri yang berkompeten yaitu Achmad Fery Nur dari Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

 

"Banyak tata cara yang dilupakan ketika shalat. Semoga dengan diadakannya acara ini semua kader-kader IPNU IPPNU bisa lebih paham dalam menjalankan shalat dengan baik dan benar," terangnya.

 

Pembahasan materi yang pertama adalah mengenai tata cara shalat dengan benar menurut madzhab Imam Syafi'i dan perbedaan antara tata cara sholat menurut empat madzhab.

 

"Perbedaan yang pertama adalah niat. Dari niat ada beberapa imam yang menghukumi termasuk rukun shalat atau tidak.Tapi dari beberapa imam di empat madzhab yang paling berbeda adalah niat dari Imam Hanafi," jelasnya.

 

Banyak sekali ilmu yang didapat dalam acara tersebut seperti mengenai niat shalat, bacaan dalam shalat, tata cara sujud syukur, cara bertayamum, waktu yang tepat mengqadla' shalat, serta yang lainnya.

 

Penulis: M Alifian Zuhri F

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru