• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Metropolis

Khusus Konten Keislaman, NU Online Kembali Buka Kelas Menulis

Khusus Konten Keislaman, NU Online Kembali Buka Kelas Menulis
E-pamflet pengumuman kelas menulis NU Online.
E-pamflet pengumuman kelas menulis NU Online.

Surabaya, NU Online Jatim

Setelah membuka kelas menulis beberapa waktu lalu, kini NU Online kembali membuka program tersebut. Kali ini, kelas menulis dikhususkan untuk konten keislaman. Alumni kelas ini diharapkan dapat mewarnai tulisannya di berbagai media. Termasuk di media NU Online berbagai Provinsi yang sudah dibuka subdomain dari Jakarta.

 

Pemimpin Redaksi NU Online, Achmad Mukafi Niam mengatakan, pelatihan akan diadakan secara online setiap Sabtu selama enam pertemuan mulai 13 Maret 2021. Berbagai teori penulisan keislaman akan dibagikan kepada peserta. Selain itu, peserta juga akan diajak praktik menulis secara langsung.

 

"Peserta kelas menulis nantinya diharapkan dapat membuat tulisan keislaman yang sistematis dan mudah dipahami. Pengetahuan keislaman yang selama ini hanya digunakan secara pribadi atau untuk komunitas terbatas dapat disebarluaskan ke masyarakat.

 

Fasilitator atau tim penulis keislaman NU Online akan memberikan pendampingan serta pemantauan terhadap peserta kelas menulis," kata Niam, awal Februari di Jakarta sebagaimana dilansir dari NU Online.

 

Syarat peserta kelas ini adalah memiliki pengetahuan khazanah keislaman yang baik, mampu membaca literatur keislaman dalam Bahasa Arab, bersedia mengikuti seluruh sesi, mengirimkan contoh tulisan sesuai dengan minat dan keahlian dalam bidang kajian keislaman (fiqih, tafsir, hadits, tasawuf, tauhid, dll) minimal 500 kata.

 

Pendaftaran dan kelengkapan persyaratan dikirimkan melalui tautan: http://bit.ly/daftarpenulisnuonline paling lambat 28 Februari 2021. Peserta yang lolos pada tahap awal, diharuskan membayar biaya sebesar 200 ribu rupiah.

 

"Setelah mengikuti kelas ini, alumni diharapkan memiliki peningkatan jejaring dengan komunitas penulis keislaman NU, memiliki kemampuan menulis materi keislaman di media daring atau luring, dan berkesempatan menjadi kontributor penulis keislaman NU Online," kata Niam.

NU Online memiliki beberapa rubrik Keislaman NU Online, seperti ekonomi syariah, tauhid, bahtsul masail, ubudiyah, tafsir, tasawuf, dan lain-lain. Rubrik-rubrik keislaman di NU Online menjadi rujukan masyarakat luas dalam fiqih dan peribadatan.

 

Kelas menulis merupakan program NU Online untuk meningkatkan jumlah penulis dari kalangan santri atau warga NU, namun program ini juga terbuka bagi siapa saja yang berminat untuk mengikutinya. Sebelumnya NU Online juga membuka kelas menulis jurnalistik yang disambut dengan antusias dengan jumlah pendaftar ratusan.
 


Editor:

Metropolis Terbaru