• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 1 Juli 2022

Metropolis

Kiprah Banser Husada di Sidoarjo Berikan Layanan Kesehatan Gratis

Kiprah Banser Husada di Sidoarjo Berikan Layanan Kesehatan Gratis
Banser Husada saat memberikan layanan kesehatan gratis di Masjid Raudhatul Mujtahidin, Desa Bungurasih Tengah, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (30/ 09) malam. (NOJ/ Foto : Yuli Riyanto).
Banser Husada saat memberikan layanan kesehatan gratis di Masjid Raudhatul Mujtahidin, Desa Bungurasih Tengah, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (30/ 09) malam. (NOJ/ Foto : Yuli Riyanto).

Sidoarjo, NU Online Jatim


Basada (Banser Husada) adalah Satuan Khusus yang mengemban tugas bantuan kemanusiaan di bidang kedokteran, kesehatan, dan norma hidup sehat bagi masyarakat. Khususnya di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU) maupun Banom NU dan masyarakat.

 

Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Bakti sosial (Baksos) pelayanan kesehatan gratis seperti yang digelar oleh Satuan Khusus Unit (Satsusnit) Basada Kabupaten Sidoarjo saat acara rutinan Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor (RA) Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Waru, Rabu (30/09) malam.

 

Kegiatan ini dipusatkan di gedung TPQ Masjid Raudhatul Mujtahidin, Desa Bungurasih Tengah, Kecamatan Waru. Personil yang diterjunkan ada 18 orang dengan didampingi Kepala Satuan Khusus (Kasatsus) Basada Jawa Timur.
Dalam kesempatan tersebut, anggota Basada memberikan kesempatan kepada warga dan peserta Rijalul Ansor untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan dasar.

 

M Sholihuddin, Pengurus Basada Kabupaten Sidoarjo Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) saat ditemui NU Online Jatim disela-sela kegiatan menjelaskan, beberapa jenis layanan kesehatan dasar yang diberikan dalam Baksos tersebut.

 

“Kami buka layanan mulai sore hari, banyak warga dan jamaah shalat Maghrib antusias ingin berobat. Selama kegiatan, pengobatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan tekanan darah, cek gula darah, asam urat, pijat refleksi, bekam, terapi Al-Fashdu, dan lainnya. Disamping memeriksa suhu bagi semua peserta yang akan mengikuti acara RA sekaligus dilakukan sosialisasi protokol kesehatan,” jelasnya.

 

Ia menambahkan, kegiatan tersebut merupakan permintaan dari Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Basada Kecamatan Waru. Selain itu juga sebagai wujud keterpanggilan Satsusnit Cabang Basada Sidoarjo kepada kondisi fisik para kader Ansor dan Banser, serta warga sekitar.

 

“Baksos yang kami gelar pada kegiatan tersebut sebagai wujud keterpanggilan Basada Kabupaten Sidoarjo kepada kondisi fisik para kader Ansor dan Banser, serta warga sekitar,” ungkapnya.

 

Berdasarkan laporan yang masuk, ternyata yang banyak memanfaatkan layanan tersebut adalah kader Ansor, Banser, dan warga. Mereka memeriksakan kondisi kesehatan, pijat refleksi, bekam, terapi AL-Fashdu serta konsultasi kesehatan dengan petugas.

 

“Kami bersyukur layanan ini memberikan manfaat kepada peserta yang hadir. Alhamdulillah, kita bisa memberikan dukungan bagi mereka semua untuk tetap sehat dan kuat saat menjalani aktifitas, kedepan kami akan terus melakukan pengembangan SDM agar lebih maksimal dalam melaksanakan tugas,” terang Sholihuddin.

 

Sementara itu, KH Zainal Abidin, Wakil Ketua Pimpinan Cabang NU (PCNU) Kabupaten Sidoarjo usai memberikan materi Aswaja dalam acara Rijalul Ansor menyampaikan, kegiatan yang dilakukan oleh Basada Kabupaten Sidoarjo merupakan bagian dari ikhtiar Banom NU dalam rangka merujudkan mewujudkan visi dan misi yang dibuat oleh mbah Hasyim Asy’ari pendiri NU.

 

“Bahwa NU itu rahmatan lil ‘alamin, dan bisa diterjemahkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Kader-kader kita  sangat heterogen, kapasitasnya bermacam-macam, ada yang jadi perawat, tukang pijat, tukang suwuk,” tutur Ketua Satgas Peduli Covid-19 PCNU Sidoarjo tersebut.

 

Dirinya berharap, Basada tidak hanya bergerak dalam kegiatan-kegiatan rutin yang dilakukan oleh Ansor dan Banser. Basada kalau dikelola dengan baik akan memberikan manfaat yang lebih luas lagi.

 

“Selanjutnya tidak boleh puas terhadap kemampuan yang dimiliki saat ini. Tetapi keterampilan, kemampuan, kepiawaian untuk menekuni di bidang kesehatan itu, harus ditunjang dengan dilakukannya pelatihan-pelatihan untuk menambah ilmu, sehingga nantinya bisa menjadi kekuatan yang luar biasa, penopang rahmatan lil ‘alamin,” tutupnya.
Ketua PAC GP Ansor Waru, M Jamaludin Malik memberikan apresiasi atas Baksos yang dilaksanakan oleh Basada Kabupaten Sidoarjo di wilayahnya.

 

“Kami memberikan apresiasi dan menyampaikan terimakasih atas Baksos yang dilaksanakan oleh Basada Kabupaten Sidoarjo. Alhamdulillah dengan adanya Baksos ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan. Kami berharap Basada bisa berkembang lebih luas dalam pengabdiannya dibidang kesehatan kepada masyarakat,” ucapnya. (Yuli Riyanto)

 

Tampak hadir dalam acara Rijalul Ansor yang dilangsungkan di masjid Raudhatul Mujtahidin, wakil ketua PCNU Sidoarjo, Pelaksana tugas (Plt) Camat Waru, ketua PC GP Ansor Sidoarjo, ketua MDS Rijalul Ansor PC GP Ansor Sidoarjo, pengurus Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU) Waru, kader Ansor dan Banser se-kecamatan Waru, serta tamu undangan lainnya.

 

Editor : Romza


Editor:

Metropolis Terbaru