• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 13 Agustus 2022

Metropolis

Peduli Dluafa Berdaya, LAZISNU di Sidoarjo Salurkan Bantuan Produktif

Peduli Dluafa Berdaya, LAZISNU di Sidoarjo Salurkan Bantuan Produktif
Pengurus UPZIZ LAZISNU ranting Dukuhtengah, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jatim bersama GP Ansor, Fatayat NU, dan IPNU menyerahkan bantuan produktif berupa 1 unit rombong usaha dan sejumlah uang kepada Santi, warga dhuafa penjual pentol dan sosis bakar di kawasan tersebut, Ahad (20/9). (Foto : Yuli Riyanto).
Pengurus UPZIZ LAZISNU ranting Dukuhtengah, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jatim bersama GP Ansor, Fatayat NU, dan IPNU menyerahkan bantuan produktif berupa 1 unit rombong usaha dan sejumlah uang kepada Santi, warga dhuafa penjual pentol dan sosis bakar di kawasan tersebut, Ahad (20/9). (Foto : Yuli Riyanto).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pandemi Covid-19 belum ada tanda-tanda akan berakhir. Akibatnya banyak pelaku usaha yang terpukul, khususnya pedagang kecil dengan modal pas-pasan. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan, masyarakat harus tetap berdaya secara ekonomi. Termasuk kaum dluafa yang harus mendapat perhatian.

 

Menyikapi hal tersebut, Unit Pengelola Zakat, Infaq, Sedekah (UPZIS) Lembaga Amil, Zakat, Infaq, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Ranting Dukuh Tengah, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo menyalurkan bantuan produktif. Penyaluran bantuan ini melalui program NU Preneur dengan menyasar warga dluafa yang berprofesi sebagai pedagang kecil dikawasan tersebut.

 

Adapun yang mendapatkan bantuan adalah Santi, warga RT 001 RW 001, Desa Dukuhtengah. Ibu satu anak ini sehari-hari berjualan pentol dan sosis bakar dengan peralatan seadanya. Lokasi berjualannya menumpang di halaman milik tetangganya dengan omset perhari rata-rata sekitar 50-100 ribu. Usaha yang digelutinya sudah berjalan selama kurang lebih 1 tahun. Sedangkan suaminya bekerja sebagai satpam di perumahan dekat rumah tinggalnya.

 

Bantuan berupa rombong usaha dan sejumlah uang diserahkan Ketua LAZISNU Ranting Dukuhtengah, Fithroni kepada Santi, Ahad (20/09) di lokasi ia berjualan sehari-hari.

 

“Kami hari ini melakukan pentasharufan bantuan produktif melalui program NU Preneur dalam bentuk pemberian bantuan berupa satu unit rombong usaha atau yang kami namakan Rombong Berkah (Rokah) dan bantuan tambahan modal usaha sejumlah uang kepada salah satu warga dhuafa di Desa Dukuhtengah,” kata Fithroni kepada NU Online Jatim.

 

Ia menambahkan, LAZISNU Ranting Dukuhtengah memberikan bantuan produktif melalui NU Preneur dalam rangka peningkatan penguatan Nahdliyin yang terdampak pandemi Covid-19 di Desa Dukuhtengah.
 

“Oleh karena itu, dengan adanya rombong dan bantuan modal usaha ini diharapkan beliau bisa berjualan dengan nyaman dan juga bisa mengembangkan jenis usaha jualannya, misalnya ditambah jualan es atau yang lainnya,” tambahnya.

 

Lebih lanjut, ia menegaskan, program ini bertujuan untuk pengembangan dan keberlangsungan usaha kecil dan menengah  dluafa warga Desa Dukuhtengah. Adapun sumber dananya berasal dari perolehan kaleng koin NU Peduli.

 

“Sehingga untuk ke depannya UKM yang ada di Desa Dukuhtengah semakin kuat dan mampu bertahan meskipun dalam kondisi yang serba sulit seperti di masa pandemi saat ini. Bantuan ini kami ambilkan dari hasil kaleng Koin NU Peduli yang rata-rata perbulannya memperoleh 13 juta, sebelumnya kami juga telah mentasharufkan beberapa program santunan yatim dan kesehatan,” tegasnya.

 

Fithroni juga membeberkan syarat untuk mendapatkan bantuan antara lain sudah menjadi warga Desa Dukuhtengah, tergolong dhuafa atau prasejahtera, memiliki usaha, dan usahanya sudah rutin berjalan.

 

Sementara itu, Santi menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT dan terimakasih kepada NU Ranting Dukuhtengah yang telah memperhatikan usahanya.

 

“Alhamdulillah, saya ucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada NU Ranting Dukuhtengah yang telah membantu dan memperhatikan usaha saya,” ucapnya.

 

Turut hadir dalam penyerahan bantuan, beberapa pengurus LAZISNU Ranting, Fatayat NU, Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Barisan Ansor Serbaguna (Banser), dan Ikatan Pelajar NU (IPNU) Ranting Dukuhtengah.

 

Editor : Romza


Editor:

Metropolis Terbaru