• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 28 Juni 2022

Metropolis

Memulai Khidmah di Malang, Kini Abe Jadi Ketum PB PMII

Memulai Khidmah di Malang, Kini Abe Jadi Ketum PB PMII
Muhammad Abdullah Syukri, Ketum PB PMII 2021-2023. (Foto: NOJ/istimewa)
Muhammad Abdullah Syukri, Ketum PB PMII 2021-2023. (Foto: NOJ/istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim
Kongres XX Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Balikpapan, Kalimantan Timur menetapkan Muhammad Abdullah Syukri sebagai Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PMII, Kamis (25/03/2021). Ia unggul dengan perolehan 130 dari 242 suara.

 

Pria yang akrab disapa Abe tersebut memulai khidmahnya di PMII saat duduk di bangku kuliah sebagai mahasiswa di Fakultas Ilmu Politik Universitas Brawijaya (UB). Jenjang kaderisasinya dimulai pada tahun 2008 dengan mengikuti Masa Penerimaan Anggota Baru di Pengurus Komisariat (PK) PMII UB. Pada tahun 2008, dirinya mengikuti Pelatihan Kader Dasar dan dilanjutkan pada Pelatihan Kader Lanjut di Pengurus Cabang (PC) PMII Kota Malang pada tahun 2011. Selang beberapa tahun Abe mengikuti Pelatihan Kader Nasional Angkatan II yang digelar oleh PB PMII pada tahun 2018.

 

Selama berproses di PMII, Abe tercatat memiliki sederet prestasi dari hasil kerja kerasnya. Abe berhasil mendirikan empat rayon baru di PK PMII UB serta menciptakan pola kaderisasi kader profesional. Atas prestasi tersebut, PK PMII UB menjadi komisariat percontohan kaderisasi PMII dalam segmentasi kampus umum negeri.

 

Tidak hanya di almamaternya, Abe juga mendirikan Komisariat Tahfidz PMII STIT Buntet Pesantren dan Komisariat Perawat AKPER Buntet Pesantren di Cirebon.

 

Kiprahnya di PB PMII juga ditunjukkan saat mewakili PB PMII di acara 7th World Peace Forum Jakarta 2018 yang dihadiri oleh 100 tokoh perdamaian dunia. Bahkan dirinya juga menjadi salah satu inisiator pendirian Pengurus Cabang Istimewa (PCI) PMII di Maroko, Jerman, dan Taiwan.

 

Pengalamannya di PMII pun sudah tidak diragukan. Tahun 2010-2011 Abe mengabdi sebagai Wakil Ketua Pengurus Rayon (PR) Humaniora di UB. Dilanjutkan pada tahun 2011 ia menjadi ketua PK PMII UB dan Biro Litbang PC PMII Kota Malang. Masih di Kota Malang, pada 2012-2013 Abe menjadi Biro Kaderisasi PC PMII Kota Malang.

 

Dan sebelum ia ditetapkan sebagai Ketua Umum PB PMII masa khidmat 2021-2023, Abe ditugaskan menjadi Ketua Biro Beasiswa Bidang Hubungan Internasional PB PMII tahun 2017-2019.


Metropolis Terbaru