• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Metropolis

Menag Imbau Muslimin Gelar Shalat Gaib untuk Awak Nanggala 402

Menag Imbau Muslimin Gelar Shalat Gaib untuk Awak Nanggala 402
Menteri Agama, H Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: NOJ/Kemenag)
Menteri Agama, H Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: NOJ/Kemenag)

Surabaya, NU Online Jatim

Kepastian kabar duka diterima hari ini, Ahad (25/04/2021). Hal tersebut setelah KRI Nanggala 402 dinyatakan subsunk (tenggelam), oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Dengan demikian bahwa 53 awak yang ada di dalamnya dipastikan meninggal dunia.

 

Terkait musibah tersebut, Menteri Agama, H Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan duka mendalam atas gugurnya para pahlawan bangsa saat bertugas. Menag mengimbau umat beragama untuk mendoakan seluruh awak kapal Nanggala 402.

 

"Hari ini duka mendalam bagi bangsa, seluruh awak KRI Nanggala 402 dinyatakan telah gugur dalam menjalankan tugasnya," kata Menag, sebagaimana rilis yang diterima NU Online Jatim, Ahad (25/04/2021).

 

Lebih lanjut dirinya mengajak seluruh kalangan untuk memberikan dukungan terbaik kepada para korban, termasuk keluarga yang ditinggalkan.

 

"Saya mengajak dan mengimbau seluruh umat beragama untuk meluangkan waktu, mendoakan yang terbaik untuk awak KRI Nanggal 402," ungkapnya.

 

Secara khusus, Menag meminta kepada umat muslim untuk menggelar shalat gaib. Hal tersebut tentu saja diperuntukkan kepada para almarhum syuhada KRI Nanggala 402.

 

"Mari kita lakukan shalat gaib untuk mendoakan para pejuang bangsa. Semoga mereka mendapat ampunan dan rahmat dari Allah SWT," harapnya.

 

Lebih lanjut, Gus Yaqut turut mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dalam menerima suratan ini.

 

"Doakan juga keluarga yang ditinggalkan seluruh awak KRI Nanggala 402 diberi kekuatan dan ketabahan, amin," pungkasnya.

 

Sebelumnya, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur telah melakukan soa bersama untuk para kru KRI Nanggala. Bahkan sejumlah kepengurusan NU di berbagai kota dan kabupaten turut melakukan hal yang sama.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Metropolis Terbaru