• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Metropolis

Momentum HPN, Ini Sejumlah Harapan Tokoh NU Gresik

Momentum HPN, Ini Sejumlah Harapan Tokoh NU Gresik
Logo dan tema Harti Pers Nasional tagun 2021. (Foto: NOJ/Ist)
Logo dan tema Harti Pers Nasional tagun 2021. (Foto: NOJ/Ist)

Gresik, NU Online Jatim

Hari Pers Nasional (HPN) yang ke-75 jatuh hari ini, 09 Pebruari 2021. Di masa pandemi Covid-19, menjadi ikhtiar bersama untuk menjadi akselerator perubahan dan pemulihan ekonomi.

 

Tema tersebut menggambarkan bahwa insan pers optimis dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dan sejumlah kalangan di Gresik memberikan beberapa pandangan terkait HPN dan berhasil dihubungi NU Online Jatim.

 

H Syifaul Qulub berharap HPN bisa menjadi bagian institusi yang mencerdaskan insan pers dan berkarakter nubuwwah. "Yaitu dapat memberikan informasi yang valid dan jelas, tidak hoaks, serta memberikan edukasi,” kata Wakil Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik ini.

 

Dosen Universitas Airlangga tersebut mengemukakan, dengan HPN hendaknya dijadikan bagian informasi yang mencerdaskan dan membangun karakter bangsa.

 

Gus Afuq, sapaan akrabnya menambahkan, bahwa HPN di tengah pandemi mesti tetap optimis memberikan yang terbaik kepada masyarakat akan informasi yang mencerdaskan.

 

Harapan Ketua NU Gresik

Selain itu, Ketua PCNU Gresik, KH Chusnan Ali menegaskan, pada kegiatan harlah hendaknya dipikirkan apa yang terbaik untuk dilakukan insan pers. Yang pasti terjiwai ungkapan bijak bahwa apa yang dikatakan dan tulis hendaknya melalui beragam pertimbangan.

 

"Jangan katakan atau tulis seluruh yang anda ketahui,” ungkapnya.

 

Dirinya menambahkan bahwa mengetahui apa yang dikatakan atau ditulis meliputi permasalahan, dan dampak yang ditimbulkan dan lainnya.

 

“Yang sudah diketahui pun tidak seluruhnya dikatakan atau ditulis. Tetap disertai analisis dampak dari tulisan tersebut,” pesannya.

 

Dia berharap, dengan HPN maka insan pers terus mengaktualisasikan diri sebagai bagian dari pilar dalam kehidupan berdemokrasi.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Metropolis Terbaru