• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Metropolis

Mukernas, Ikatan Alumni Pesantren Wali Songo Cukir Perkuat JTQ

Mukernas, Ikatan Alumni Pesantren Wali Songo Cukir Perkuat JTQ
Mukernas IKAPWS di Jombang. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)
Mukernas IKAPWS di Jombang. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim

Ikatan Alumni Pesantren Aali Songo (IKAPWS) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (mukernas) di De Durian Park Wonosalam, Jombang, Senin (10/10/2021). Mukernas digelar dengan tema Berkhidmat untuk Umat Menuju IKAPWS yang bermartabat.

 

Keberadaan IKAPWS sendiri adalah bagian yang terpenting dalam ikatan emosional antara Pesantren Wali Songo dan pengurus alumni yang tersebar di pelosok Nusantara. Beberapa agenda yang menjadi bahan musyawarah di mukernas.

 

“Di antaranya adalah terutama kordinasi daerah di seluruh Nusantara agar selalu membantu semua program untuk kebesaran Pesantren Wali Songo Cukir, Jombang,” kata CH Nur Rokhimah, Koordinator IKAPWS Kabupaten Gresik.

 

Mukernas juga menghasilkan terbentuknya Jamiyyah tahtimul Qur'an (JTQ) yang harus dimasifkan ke seluruh alumni Pesantren Wali Songo Cukir. Program yang lain adalah biaya pendidikan gratis bagi yatim di Pesantren Wali Songo di seluruh Nusantara serta program pendataan yang menjadi tugas bagi Alumni.

 

Nur Rokhimah mengatakan, mukernas merupakan bentuk khidmah alumni dalam menjalankan organisasi IKAPWS karena ini juga bagian amanah dari Pesantren Wali Songo. ”Alhamdulillah semoga program ini bisa dijalankan secara istiqamah untuk membesarkan IKAPWS dan Pesantren Wali Songo," ujar Rokhimah.

 

Gus Jamil selaku Pengasuh Pesantren Wali Songo Cukir berpesan, “Berjuanglah yang ikhlas haruslah mendapat dukungan dari keridlaan dari suami, karena ini penting agar tidak ada sesuatu yang dirugikan. Karena kalau sama-sama memberikan keikhlasan dalam berjuang di jalan Allah, Allah akan mengabulkan dan meridlai."


Metropolis Terbaru