• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Metropolis

Sambut Hari Santri, NU Bawean Gelar Lomba Video Shalawat

Sambut Hari Santri, NU Bawean Gelar Lomba Video Shalawat
Flyer lomba video shalawat oleh PCNU Bawean, Gresik. (Foto: NOJ/ Aminuddin)
Flyer lomba video shalawat oleh PCNU Bawean, Gresik. (Foto: NOJ/ Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim

Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober kerap diperingati dengan berbagai acara oleh sejumlah elemen NU dan pesantren. Seperti yang dilakukan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bawean dengan menyelenggarakan lomba video shalawat.

 

Ajang bergengsi yang dibuka untuk umum tersebut memperebutkan hadiah total Rp10 juta. Adapun shalawat yang dilombakan adalah ‘Yalal Wathan’ dan ‘Shalawat An-Nahdliyah’.

 

Ketua penyelenggara, Ustadz Ahmadi menyampaikan, lomba video shalawat itu  bertujuan untuk menumbuhkan dan memfasilitasi kreatifitas generasi muda NU di wilayah PCNU Bawean dalam membuat video dan musik.

 

“Kami sengaja memilih Yalal Wathan yang merupakan karangan KH Abdul Wahab Hasbullah untuk semakin meningkatkan rasa cinta kepada tanah air. Sedangkan Shalawat An-Nahdliyah merupakan shalawat yang terlahir dari rasa cintanya kepada NU,” ujarnya.

 

Ustadz Ahmadi menuturkan, bahwa lomba tersebut dibuka sejak tanggal 01 Oktober 2021, dan pengumpulan terakhir video pada tanggal 22 Oktober 2021. Daftar pemenang akan diumumkan pada tanggal 10 November 2021, bertepatan dengan hari pahlawan nasional, yang akan disiarkan melalui kanal youtube NU Bawean TV.

 

Adapun kategori tingkatan pemenang peserta lomba yaitu tingkat MI/SD/MDU, MTs/SMP/MA/SMA, dan tingkat umum termasuk pesantren. Dan ditambah satu juara favorit.

 

“Yang unik dari lomba ini adalah untuk tingkat MI/SD/MDU diwajibkan menggunakan alat musik tradisional patrolan (tuk-tuk), sedang tingkat MTs/SMP/MA/SMA dan umum menggunakan rebana,” pungkasnya.

 

Penulis: Aminuddin


Metropolis Terbaru