• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 29 Mei 2022

Metropolis

Pesantren Al-Miftah Bungah Gresik Bakal Punya Gedung Baru

Pesantren Al-Miftah Bungah Gresik Bakal Punya Gedung Baru
Peletakan batu pertama gedung baru MA di Pesantren Al-Hikmah Bungah, Kabupaten Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)
Peletakan batu pertama gedung baru MA di Pesantren Al-Hikmah Bungah, Kabupaten Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim

Pesantren Al-Miftah Bungah, Kabupaten Gresik, terus melakukan pengembangan infrastruktur untuk menunjang pendidikannya. Terbaru, pesantren tersebut akan membangun gedung baru untuk Madrasah Aliyah (MA) yang menggabungkan karakter salaf dan modern.

 

Pembangunan gedung baru MA itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh KH Muhammad Zainuri, Pengasuh Pesantren Al-Miftah; Markus, Kepala Kantor Kementerian Agama Gresik; dan S Hariyanto Plt Kadispendik Gresik, S Hariyanto, pada Selasa (28/09/2021) siang.

 

Kiai Zainuri mnejelaskan, pihaknya terus mengembangkan pesantren dengan menambah gedung dan fasilitas. "Untuk hari ini secara simbolis peletakan batu pertama dilakukan untuk gedung MA. Semoga lancar dalam pembangunan ke depan. Kami juga berharap dukungan," katanya.

 

Kiai Zainuri mengungkapkan, alasan membangun gedung baru ini agar pesantren yang dirintisnya bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar, utamanya dalam membangun sumber daya manusia.

 

Ke depan, santri yang ada di Pesantren Al-Miftah bisa bersekolah formal mulai jenjang sekolah menengah pertama dan sekolah tingkat atas. "Rencananya pembangunan MA ini tiga lantai," ujarnya.

 

Sementara itu, Markus selaku Kepala Kemanag Gresik berharap agar Pesantren Al-Miftah dapat berkembang. Adanya Perpres Dana Abadi Pesantren melalui merupakan kepedulian pemerintah terhadap perkembangan pesantren.

 

Hal itu juga diamini Hariyanto selaku Plt Kadispendik Gresik. Dia pun mengapresiasi pendidikan formal di ponpes yang menekankan pembelajaran modern dan agama. "Meski berada di desa, saya yakin sekolah ini bisa berkembang," katanya.


Metropolis Terbaru