• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Metropolis

MWCNU Sukodono Sidoarjo Gelar PD-PKPNU, Gus Barra Turut Jadi Peserta

MWCNU Sukodono Sidoarjo Gelar PD-PKPNU, Gus Barra Turut Jadi Peserta
Muhammad Al Barra atau Gus Barra saat kegiatan PD-PKPNU yang digelar MWCNU Sukodono, Sidoarjo di UAC Pacet, Mojokerto, Kamis (23/05/2024). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Muhammad Al Barra atau Gus Barra saat kegiatan PD-PKPNU yang digelar MWCNU Sukodono, Sidoarjo di UAC Pacet, Mojokerto, Kamis (23/05/2024). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sukodono, Sidoarjo menggelar Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU). Kegiatan itu dipusatkan di Universitas KH Abdul Chalim (UAC) Pacet, Kabupaten Mojokerto, Kamis (23/05/2024). Wakil Bupati Mojokerto, Muhammad Al Barra atau Gus Barra turut menjadi peserta dalam agenda kaderisasi NU tersebut.

 

Gus Barra membeberkan alasan kenapa dirinya mengikuti PD-PKPNU. Putra sulung pengasuh Pesantren Amanatul Ummah dan pendiri Universitas KH Abdul Chalim (UAC) Pacet Mojokerto, KH Asep Saifuddin Chalim itu mengungkapkan, bahwa dirinya ingin menjadi kader NU yang militan.

 

“Saya sekarang kan sudah menjadi Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Mojokerto dan wajib untuk mengikuti PD-PKPNU ini,” ungkapnya kepada NU Online Jatim usai acara pembukaan PD-PKPNU.

 

Di sisi lain, atas nama keluarga besar KH Asep Saifuddin Chalim, Gus Barra mengaku bangga karena UAC dijadikan tempat kegiatan PD-PKPNU oleh MWCNU Sukodono. Ia berharap, peserta PD-PKPNU MWCNU Sukodono ini nantinya bisa lebih memahami tentang ke-NU-an, kemudian menerapkannya di tengah-tengah masyarakat.

 

“Kami sangat mendukung jika PD-PKPNU ini dilaksanakan di Kampus UAC. Mengingat, KH Abdul Chalim juga menjadi salah satu muassis NU, jadi sudah cocok apabila kegiatan PD-PKPNU ini diselenggarakan di UAC,” pungkas cucu almaghfurlah KH Abdul Chalim itu.

 

Sementara itu, Ketua MWCNU Sukodono, H Fathul Ibad menerangkan, program pengkaderan yang diadakan MWCNU Sukodono ini adalah angkatan ke-4 dan dan dilangsungkan selama tiga hari, Kamis-Sabtu (23-25/05/2024). Diikuti oleh sebanyak 79 peserta dari berbagai unsur dan profesi.

 

“Harapannya, semua peserta PD-PKPNU mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan menaati peraturan yang dibuat oleh para instruktur. Tak lupa, MWCNU Sukodono juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Pesantren Amanatul Ummah dan UAC Pacet atas dukungan dan bantuannya,” terangnya.

 

Diketahui, pembukaan acara PD-PKPNU Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo angkatan ke-74 tersebut dihadiri Wakil Bupati Mojokerto, Ketua PCNU Sidoarjo, Ketua MWCNU Sukodono beserta jajaran pengurus, serta tamu undangan lainnya.


Metropolis Terbaru