• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Metropolis

Ketua PCNU Sidoarjo: Penting Yakin, Mengurusi NU Pasti Ada Jalan Keluar

Ketua PCNU Sidoarjo: Penting Yakin, Mengurusi NU Pasti Ada Jalan Keluar
Ketua PCNU Sidoarjo, KH Zainal Abidin saat pembukaan PD-PKPNU oleh MWCNU Sukodono di UAC Pacet, Mojokerto, Kamis (23/05/2024). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Ketua PCNU Sidoarjo, KH Zainal Abidin saat pembukaan PD-PKPNU oleh MWCNU Sukodono di UAC Pacet, Mojokerto, Kamis (23/05/2024). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Mojokerto, NU Online Jatim

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo, KH Zainal Abidin menegaskan, jika semua pengurus yakin dalam mengurusi Nahdlatul Ulama (NU), ketika menghadapi masalah apapun, pasti akan ada jalan keluarnya.

 

Motivasi tersebut disampaikannya dalam acara pembukaan Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU) yang digelar oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sukodono, Sidoarjo. Kegiatan dipusatkan di Kampus Universitas KH Abdul Chalim (UAC) Pacet, Kabupaten Mojokerto, Kamis (23/05/2024) malam.

 

“Yang penting yakin, bahwa mengurusi NU itu pasti akan ada jalan keluarnya. Buktinya, sekarang sudah ada 70 orang peserta PD-PKPNU di MWCNU Sukodono. Saya pernah mengisi PKPNU dan jumlah pesertanya luar biasa yakni sebanyak 248 orang,” katanya.

 

Dirinya berharap para peserta PD-PKPNU bisa mengikuti kegiatan mulai awal hingga akhir nanti. Selain itu, Kiai Zainal mendoakan seluruh peserta kelak mendapatkan kucuran berkah dari muassis NU dan KH Abdul Chalim.

 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada MWCNU Sukodono. Pilihan tempat PD-PKPNU di UAC Pacet ini mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi bagi kita semua dalam berkhidmah di NU,” harapnya.

 

Lebih lanjut, Kiai Zainal juga menyampaikan apresiasi atas disertasi tentang sejarah NU yang telah dibuat oleh Muhammad Al Barra atau Gus Barra, putra KH Asep Saifuddin Chalim pendiri UAC Pacet dan cucu KH Abdul Chalim, salah satu pendiri NU. Menurutnya, saat ini ada orang yang ingin mengaburkan sejarah berdirinya NU.

 

“Maka disertasi yang telah dibuat oleh Gus Barra dalam bentuk buku harus dimiliki kader-kader NU. Karena ini adalah hasil penelitian akademis yang bisa dipertanggung jawabkan, mulai dari sejarah yang digali dari manuskrip-manuskrip atau catatan-catatan kecil KH Hasyim Asy’ari, KH Wahab Chasbullah, dan lainnya,” pungkasnya.

 

Diketahui, kegiatan PD-PKPNU tersebut berlangsung selama tiga hari yakni Kamis-Sabtu (23-25/05/2024). Pembukaan PD-PKPNU PCNU Sidoarjo angkatan ke-74 ini dihadiri Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al Barra dan Ketua PCNU Sidoarjo KH Zainal Abidin. Tampak hadir pula, Ketua MWCNU Sukodono beserta jajaran pengurus, dan tamu undangan lainnya.


Metropolis Terbaru