• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Metropolis

Pemerintah Tetapkan Libur Maulid Nabi Muhammad 20 Oktober 2021

Pemerintah Tetapkan Libur Maulid Nabi Muhammad 20 Oktober 2021
Ilustrasi NU Online
Ilustrasi NU Online

Surabaya, NU Online Jatim

Hari libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang awalnya tanggal 19 diubah menjadi 20 Oktober 2021. Pemerintah mengambil keputusan tersebut sebagai upaya antisipasi munculnya kasus baru Covid-19. Sementara Hari Maulid Nabi Muhammad SAW tetap tanggal 19 Oktober 2021 atau 12 Rabiul Awal.

 

"Sebagai antisipasi munculnya kasus baru Covid-19, hari libur Maulid Nabi digeser 20 Oktober 2021," kata Kamaruddin Amin, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) dalam keterangan tertulisnya sebagaimana dikutip CNNIndonesia.com, Sabtu (09/10/2021).

 

Pergeseran libur ini hanya dimaksudkan dalam rangka hari peringatannya saja. Sementara untuk Hari Maulid Nabi Muhammad SAW itu sendiri menurutnya tidak berubah, yakni tetap pada 12 Rabiul Awal.

 

"Maulid Nabi Muhammad Saw tetap 12 Rabiul Awal. Tahun ini bertepatan 19 Oktober 2021 M. Hari libur peringatannya yang digeser menjadi 20 Oktober 2021 M," ungkapnya.

 

Maulid di Jawa

Sebagaimana diketahui, momen kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal diperingati oleh Muslim di seluruh dunia dengan perayaan Maulid. Tak terkecuali di Indonesia, peringatan Maulid Nabi SAW dilakukan dengan berbagai ekspresi.

 

Masyarakat Jawa, misalnya, merayakan Maulid dengan membaca Manakib Nabi Muhammad dalam Kitab Maulid Barzanji, Maulid Simtud Dhurar, Diba’, Saroful Anam, Burdah, dan lain-lain.

 

 

Selesai membaca Manakib Nabi Muhammad, biasanya masyarakat menyantap makanan bersama-sama yang disediakan secara gotong royong oleh warga. Masyarakat Muslim tidak hanya bergembira merayakan kelahiran Nabi, tetapi juga bersyukur atas teladan, jalan hidup, dan tuntunan yang dibawa oleh Nabi.


Editor:

Metropolis Terbaru