• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Metropolis

Peringati Wafat Mbah Hasyim, Ikapete Gresik Gelar Ngaji Virtual

Peringati Wafat Mbah Hasyim, Ikapete Gresik Gelar Ngaji Virtual
Mbah Hasyim
Mbah Hasyim

Gresik, NU Online Jatim
Dalam rangka memperingati wafatnya KH M Hasyim Asy'ari atau Mbah Hasyim ke-75 tahun, Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Tebuireng atau Ikapete Gresik mengadakan ngaji virtual yang diikuti sejumlah anggota. 

 

“Kegiatan ini bagian dari takdim sebagai santri untuk selalu ngalab barakah kepada muassis para kiai khususnya Mbah Hasyim,” kata Enik Saidah selaku Kordinator Ngaji Online Ikapete Gresik, Kamis (30/4).

 

Dikatakan Enik, sebagai santri Pesantren Tebuireng harus tetap menjalin alaqah hubungan batin dengan guru yakni Mbah Hasyim. 

 

“Agar tetap terjaga dan tidak pernah putus ikatan batin dan emosional dengan Pesantren Tebuireng dan semoga kegiatan ini ada manfaatnya,” harap Enik. 

 

Dijelaskan bahwa kegiatan sengaja dilaksanakan pada malam Jumat serentak untuk ngaji bareng lewat online dengan maksud ngalab berkah, di samping kesakralan malam jumat.. 

 

Dalam pandangannya, santri harus bisa mengaktualisasikan dan mengimplementasikan diri sebagai santri yang rahmatal lil'alamin dengan melaksanakan tiga poin.

 

“Yakni kekuatan aqidah ala Ahlussunnah waljamaah an-Nahdliyah sebagai pedoman dan doktrin NU,” ungkapnya. 

 

Yang kedua, menjaga persatuan umat yang dalam hal ini sebagai tugas penting dan tidak bisa ditinggalkan santri. 

 

“Dan ketiga adalah menjadi penyejuk umat dalam rangka memberikan pencerahan dalam hal apa pun,” jelasnya. 

 

Salah satu anggota Ikapete Gresik wilayah Pantura, Ahmad Mujarrodin mengapresiasi kepada anggota yang selalu menggelar kegiatan positif yang bermanfaat kepada umat. 

 

"Semoga ini bisa istikamah dan terus ada tindak lanjut,” harapnya. 

 

Ikapete Gresik selalu melaksanakan rihlah ke Pesantren Tebuireng seperti peringatan wafatnya Gus Sholah dan haul Gusdur maupun halakah lain. 

 

Kontributor: Syafik Hoo
Editor: Syaifullah 
 


Editor:

Metropolis Terbaru