• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Metropolis

Puluhan Kader IPNU-IPPNU Babat Lamongan Dibekali Keterampilan Jurnalistik

Puluhan Kader IPNU-IPPNU Babat Lamongan Dibekali Keterampilan Jurnalistik
Diklat jurnalistik oleh PAC IPNU-IPPNU Babat, Lamongan. (Foto: NOJ/Syaiful A)
Diklat jurnalistik oleh PAC IPNU-IPPNU Babat, Lamongan. (Foto: NOJ/Syaiful A)

Lamongan, NU Online Jatim
Pelajar Nahdlatul Ulama harus menyadari bahwa mereka sedang berada di era Revolusi Industri 4.0 dengan sejumlah implikasinya. Membekali diri dengan keterampilan literasi adalah di antara hal melekat yang harus dimiliki agar bisa berkiprah di masa mendatang.

 

Karenanya, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Babat, Lamongan, Jawa Timur  memberikan gebrakan baru dengan menggelar pendidikan dan latihan atau diklat jurnalistik.

 

“Kegiatan ini diikuti Pimpinan Ranting, Pimpinan Komisariat serta Pimpinan Komisariat Pondok Pesantren IPNU-IPPNU se-Kecamaatan Babat yang diharapkan menjadi langkah meningkatkan sumber daya manusia pelajar saat ini,” kata Sa’adatul Abdadiyah, Sabtu (25/1). 

 

Diklat jurnalistik yang mengambil tema Mencetak Generasi Pecinta Literasi guna menghadapi Era 4.0 tersebut megupayakan setidaknya nantinya munculah jurnalis muda yang terus kreatif mengembangkan pola pikir, guna menghadapi persaingan.

 

Ketua PAC IPPNU Babat tersebut menyampaikan betapa pentingnya literasi bagi para pelajar khusunya dalam rangka menghadapi berbagai macam informasi.

 

“Sehingga mereka mampu menyaring serta memilah terkait informasi yang kurang bisa dipertanggung jawabkan serta pentingnya media demi keberlanjutan organiasi," ungkapnya.

 

Dirinya berharap seluruh pengurus PAC IPNU IPPNU Babat dapat memberikan gebrakan baru di periode kali ini.

 

“Sehingga dengan kegiatan ini para pelajar khususnya di wilayah Babat tidak mudah terprovokasi dengan berbagai macam informasi yang belum jelas kebenaranya. Dan hal tersebut bisa kita dapatkan dengan membaca, namun bukan berarti menolak adanya media yang menyebarkan berita kurang benar,” ujarnya. 


Pemateri kali ini di antaranya adalah Imron dari IDN Times, Hamim Anwar Barometer Media serta Muhammad Makrus dari Net.TV.

 

“Dengan  materi materi yang dirasa relavan dengan kebutuhan pelajar saat ini, kami berharap benar-benar membuka pola pikir remaja agar mencintai literasi dan memanfaatkan sebaik mungkin, sehingga nantinya pengalaman selama kegiatan dapat dibagikan di tempat tinggal masing masing,” kata Ahmad Abid Aziz

 

Ketua PAC IPNU Babat ini menjelaskan setelah kegiatan nantinya akan ada tindak lanjut yang jelas dan mengawal para calon jurnalis muda agar mengimplementasikan apa yang didapat selama kegiatan di tempatnya masing masing.

 

Kegiatan berakhir dengan praktik lapangan oleh seluruh peserta layaknya jurnalis profesional. 

 

“Kami menyadari betapa pentignya praktik untuk menunjang kualitas dan kapasitas setiap kader, sehingga nantinya mereka benar-benar terjun di tempat sesungguhnya,” ungkap Ahmad Abid Aziz.

 

Kegiatan yang berlangsung sejak Sabtu hingga Ahad (25-26/1) diikuti dua puluh  peserta. 
Abdullah Zahid, salah seorang peserta merasa kurang jika kegiatan berlangsung dua hari. Sebab masih banyak bidang keilmuan yang dirasanya butuh waktu panjang untuk memahaminya. 

 

“Saya sangat bangga mengikuti kegiatan ini, apalagi dilakukan dialog dan diskusi dengan narasumber,” ucapnya.

 

Kontributor: Syaiful Alfuat

Editor: Syaifullah
 


Editor:

Metropolis Terbaru