• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 17 Agustus 2022

Metropolis

Wabup Sidoarjo Minta Pemerintah Kecamatan-Desa Sinergi dengan NU

Wabup Sidoarjo Minta Pemerintah Kecamatan-Desa Sinergi dengan NU
Subandi, Wabup Sidoarjo, saat acara pelantikan MWCNU Krembung, Ahad (26/09/2021) malam. (Foto: NOJ/Sutrisno Akbar)
Subandi, Wabup Sidoarjo, saat acara pelantikan MWCNU Krembung, Ahad (26/09/2021) malam. (Foto: NOJ/Sutrisno Akbar)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Subandi, Wakil Bupati Sidoarjo, meminta seluruh pemerintah di tingkat kecamatan dan desa bersinergi dengan Nahdlatul Ulama (NU). Begitu juga sebaliknya, dia berharap seluruh elemen NU di Sidoarjo bisa membantu pemerintah dalam melaksanakan program-program untuk kepentingan masyarakat.

 

Hal itu disampaikan Subandi saat hadir dalam acara pelantikan Pengurus Majelis Wakil Cabang NU Krembung periode 2021-2026 pada Ahad (26/09/2021) malam. Hadir pula dalam kesempatan itu Ketua PCNU Sidoarjo, Ketua DPRD Sidoarjo, dan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, kepala desa, dan warga NU setempat.

 

"Dalam kesempatan ini kami berharap Bu Camat dan Pak Kades di wilayah Krembung ini bisa bersinergi mendukung semua program dari NU, dan kepada jajaran pengurus NU juga harus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam memberikan pemahaman di masyarakat, terutama di kondisi pandemi yang belum berakhir ini," katanya.

 

Subandi menuturkan, pemkab sudah menyiapkan bantuan hibah yang mencapai miliaran rupiah kepada NU pada tahun 2022 untuk mendukung program NU di Sidoarjo dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Itu merupakan salah satu tugas pemerintah untuk mengawal NU di Sidoarjo agar lebih produktif dalam meningkatkan kaderisasi dan organisasi.

 

"Alhamdulillah, kemarin juga sudah kami sampaikan kepada dinas terkait untuk mempermudah urusan izin pesantren karena ini sudah ada Pepres Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Pemda punya kewenangan untuk mengalokasikan anggaran secara khusus untuk membantu pesantren dalam bidang dakwah, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat," paparnya

 

Mantan Kepala Desa dua periode tersebut  mengucapkan selamat berkhidmat kepada pengurus MWC NU Krembung 2021-2026 yang baru dilantik. Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan kegiatan penyerahan bantuan bagi warga NU setempat yang terdampak ekonomi karena Covid-19.


Metropolis Terbaru