• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Metropolis

Waspadai Pancaroba, LPBINU dan Enesis Bantu Santri di Surabaya

Waspadai Pancaroba, LPBINU dan Enesis Bantu Santri di Surabaya
Gus Kamil dan Gus Ariful Haq saat menerima bantuan. (Foto: NOJ/RB)
Gus Kamil dan Gus Ariful Haq saat menerima bantuan. (Foto: NOJ/RB)

Surabaya, NU Online Jatim

Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Jawa Timur mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya di masa pancaroba, dari musim penghujan ke musim kemarau saat ini.

 

"Perubahan iklim merupakan ancaman yang serius terhadap kelangsungan manusia, alam dan ekosistemnya. Tenggelam atau hilangnya suatu pulau kecil merupakan salah satu fenomena yang akan pasti terjadi apabila dampak perubahan iklim tidak diantisipasi secara dini," kata Ketua LPBINU Jawa Timur, Syaiful Amin.

 

Dampak perubahan iklim bukan hanya akan dirasakan oleh wilayah pesisir, dengan naiknya air laut dan abrasi pantai. Namun, juga dapat mempengaruhi wilayah daratan yang berkaitan dengan perubahan musim tanam.

 

Hal itu akan berdampak pada penurunan produksi pangan, kekeringan atau kemarau panjang. Sementara frekuensi dan intensitas hujan yang tidak stabil berdampak pada adanya potensi longsor dan banjir serta juga kebakaran hutan,” terangnya.

 

Guna mengantisipasi adanya dampak perubahan musim, pihaknya mengajak kerja sama dengan Enesis Group. Apalagi, di masa pandemi Covid-19 peran tiap sektor sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat Indonesia, khususnya di lingkungan pesantren. 

 

Plossa dari Enesis Group menyampaikan bantuan kepada para santri pondok pesantren legendaris di Surabaya yaitu Pondok Pesantren At-Tauhid Sidoresmo.

 

Di Pondok Pesantren Islam At-Tauhid Sidoresmo Surabaya, diterima pengasuhnya, KH Mas Kamil Thabrani didampingi Gus Ariful Haq beberapa waktu lalu.

 

KH Mas Kamil Thabrani atau yang akrab disapa Gus Kamil itu menyampaikan syukur atas dukungan kepada para santrinya dari Enesis Grup.

 

"Dalam kondisi apa pun, para santri tidak boleh berhenti belajar dan menuntut ilmu. Karena itu, santri yang sehat menjadi perhatian penting kita bersama. Untuk itu, kami sangat berterima kasih atas bantuan dari Yayasan Enesis Indonesia," ujarnya.

 

Pada kesempatan itu, diberikan bantuan berupa Amunizer Vitamin C 1000Mg Sachet sebanyak 2.160 atau 5 karton dan Plossa inhaler Aromaterapi sebanyak 720 buah.

 

"Kami menyadari, di masa pandemi ini peran tiap sektor sangat dibutuhkan untuk membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 baik di lingkungan masyarakat maupun lingkungan pendidikan, khususnya di pesantren-pesantren, yang aktif setiap harinya," tutur Minggus Hadinata, Brand Activity Executive (BAE) East Java PT Sari Enesis Indah.

 

Ia berharap, bantuan yang diberikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu mencegah penyebaran Covid-19 di pesantren-pesantren di Jawa Timur yang jumlahnya terbanyak di Indonesia. 


Metropolis Terbaru