• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Pantura

IPNU-IPPNU di Bojonegoro Kembali Sukses Luncurkan Buku

IPNU-IPPNU di Bojonegoro Kembali Sukses Luncurkan Buku
Suasana peluncuran dan diskusi buku. (Foto: NOJ/Luluk NR)
Suasana peluncuran dan diskusi buku. (Foto: NOJ/Luluk NR)

Bojonegoro, NU Online Jatim

Prestasi membanggakan ditorehkan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) di Bojonegoro dengan menorehkan karya. Kali ini yang melakukan adalah Pimpinan Ranting (PR) IPNU IPPNU Desa Jono, Kecamatan Temayang dengan menerbitkan antologi puisi berjudul ‘Cerita Sederhana Anak Desa’.

Buku terbitan Haura Publishing ini dikenalkan melalui acara peluncuran dan bedah buku di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Plus Asy-Syahidin, Jono, Temayang, Ahad (07/02/2021). Dengan mengahdirkan tiga pembanding, Nasruli Chusna, Ana Nur Fitria, dan Diki Alamzyah.
 

Menurut Zainal, salah satu penulis buku tersebut, ada sekitar 17 penulis dari anggota PR IPNU-IPPNU Desa Jono yang berkontribusi menulis puisi, Mereka sebelumnya mengikuti pelatihan kelas menulis bersama Diki Alamzyah, penulis muda Bojonegoro. Kader yang mengikuti pelatihan tersebut kemudian diwadahi agar dapat berekspresi dan berkarya lewat untaian kata puisi.

"Awalnya, inisatif penerbitan buku ini muncul ketika teman-teman berdiskusi di sebuah forum ngopi bersama Diki Alamzyah. Dari inisiatif itu kemudian ditindak-lanjuti dan alhamdulilah terealisasikan," jelas Zen, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Zen mengatakan sejak adanya inisiatif pembuatan buku, kader PR IPNU IPPNU Desa Jono merespons baik. Mereka juga banyak yang tertarik dan tertantang untuk mencoba menulis. Selain untuk mengenalkan potensi desa, salah satu tujuan dibuatnya antologi puisi ini adalah untuk membuktikan bahwa sebagai anak desa, PR IPNU-IPPNU Desa Jono mampu berkarya melalui tulisan.

"Proses penerbitan buku tergolong cepat, dan untuk saat ini, proses pendistribusian diarahkan ke alumni PR IPNU-IPPNU Jono dan para anggota kami. Tapi juga tidak menutup kemungkinan kami arahkan ke khalayak umum," pungkasnya.

 

Penulis: Luluk Nikmatul Rohmah


Editor:

Pantura Terbaru