• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Pendidikan

Dosen dan Mahasiswa Kebidanan Unusa Ajak Ibu Hamil Senam Yoga

Dosen dan Mahasiswa Kebidanan Unusa Ajak Ibu Hamil Senam Yoga
Puluhan Dosen dan Mahasiswa Kebidanan Unusa ajak ibu hamil senam yoga. (Foto: NOJ/Humas Unusa)
Puluhan Dosen dan Mahasiswa Kebidanan Unusa ajak ibu hamil senam yoga. (Foto: NOJ/Humas Unusa)

Surabaya, NU Online Jatim
Puluhan dosen dan mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Program Studi (Prodi) D3 dan S1 Kebidanan menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan ibu hamil, senam yoga ibu hamil serta pijat bayi.


Kegiatan ini dalam rangka pengabdian masyarakat dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-71. Lebih dari 18 ibu hamil dan 30 anak bayi mendapatkan layanan tersebut, Kamis (30/06/2022).


Kaprodi S1 Kebidanan Unusa, Nanik Handayani, S.Kep.Ns., M.Kes., mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian para dosen dan mahasiswa Prodi Kebidanan Unusa terhadap ibu dan bayi.


"Senam yoga ibu hamil sangat bermanfaat dilakukan selama kehamilan. Berlatih senam hamil pada masa kehamilan dapat membantu melatih pernafasan dan membuat ibu hamil merasa rileks, sehingga memudahkan adaptasi ibu terhadap perubahan tubuh selama kehamilan," katanya.


Perempuan yang juga sebagai Pengurus IBI Wilayah Jawa Timur ini menerangkan, selama hamil seorang wanita mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya, termasuk kenaikan berat badan.


“Akibatnya, rasa lelah sering kali datang disertai nyeri punggung sehingga membuat malas bergerak. Padahal, melakukan aktivitas fisik selama kehamilan dapat membantu proses persalinan,” terangnya.


Menurutnya, ada beberapa gerakan senam ibu hamil untuk memperlancar persalinan. Latihan selama kehamilan atau yang lebih dikenal dengan senam yoga hamil ini memiliki banyak manfaat, di antaranya mengurangi nyeri punggung, meningkatkan energi, serta menguatkan kekuatan dan stamina.


“Wanita yang sedang hamil direkomendasikan untuk melakukan 30 menit latihan fisik tingkat sedang. Ini dapat dilakukan hampir setiap hari sejak awal kehamilan. Mulailah dari 10 hingga 15 menit sehari, kemudian tambah durasi menjadi 5 menit secara bertahap," pungkasnya.


Pendidikan Terbaru