• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Pendidikan

KSM Unisma Gelar Pelatihan Diversifikasi Batik Tulis Brilian

KSM Unisma Gelar Pelatihan Diversifikasi Batik Tulis Brilian
KSM Unisma gelar pelatihan diversifikasi batik tulis Brilian. (Foto: NOJ/kompasiana)
KSM Unisma gelar pelatihan diversifikasi batik tulis Brilian. (Foto: NOJ/kompasiana)

Malang, NU Online Jatim
Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Tematik Universitas Islam Malang (Unisma) Kelompok 59 menggelar pelatihan diversifikasi batik tulis di rumah Uswatun di Dusun Manggisari, Desa Bocek, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.


Kegiatan ini bertujuan untuk memasarkan serta melakukan diversifikasi pada Batik Brilian. Batik Brilian merupakan salah satu usaha batik tulis yang didirikan oleh Uswatun yang di branding dengan nama Brilian Batik.


Batik tulis Brilian memiliki motif khas tersendiri, kebanyakan motifnya mengandung unsur hasil bumi seperti cabai dan kopi. Pengerjaan batik Brilian sendiri paling cepat 7 hari. Dalam produksinya, Brilian batik selama ini  hanya memproduksi dalam bentuk kain jarik saja. Maka dari itu, tim KSM Unisma mengajak Uswatun untuk  diversifikasi produk pada Brilian batik dengan membuat batik yang bisa dijadikan sebagai hiasan dinding. 


KSM Unisma juga belajar cara membatik dengan mempraktikkannya secara langsung. Praktek membuat batik dimulai dengan membuat sketsa kemudian menorehkan cairan malam/lilin pada sketsa yang sudah dibuat. Selanjutnya dilakukan proses pewarnaan, lorot malam, membilas soda, di jemur, dan di setrika.


Uswatun selaku pelaku usaha batik di Desa Bocek sudah mengekspor batiknya ke luar negeri. Ia pernah mengekspor batiknya ke Amerika, Brazil, Malaysia, dan Thailand. Kebanyakan mereka yang membeli dari luar negeri adalah penduduk Indonesia yang tinggal disana.


Namun karena adanya pandemi, penjualan batik sekarang ini merosot. Dalam upaya untuk meningkatkan lagi penjualan Brilian batik,  KSM Unisma melakukan digital marketing yaitu dengan cara pembuatan media sosial berupa Instagram dengan nama @brilianbatikbocek.


Tujuan dari dibuatnya media sosial ini adalah agar produk Brilian batik jangkauan pasarnya lebih luas serta dapat meminimalkan anggaran biaya yang dikeluarkan dalam melakukan promosi.


Pendidikan Terbaru