• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Maret 2023

Pendidikan

Lanjutkan Estafet Kepemimpinan, Rektor Unesa Lantik Pejabat Baru

Lanjutkan Estafet Kepemimpinan, Rektor Unesa Lantik Pejabat Baru
Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., resmi melantik jajaran pejabat baru mulai dari wakil rektor, direktur, dan kepala badan selingkung Unesa periode 2023-2027. (Foto: NOJ/humas)
Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., resmi melantik jajaran pejabat baru mulai dari wakil rektor, direktur, dan kepala badan selingkung Unesa periode 2023-2027. (Foto: NOJ/humas)

Surabaya, NU Online Jatim

Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., resmi melantik jajaran pejabat baru mulai dari wakil rektor, direktur, dan kepala badan selingkung Unesa periode 2023-2027 yang dipusatkan di Fakultas Kedokteran, Kampus Lidah Wetan Surabaya, Senin (30/01/2023).


Dikatakan, pejabat yang dilantik tersebut harus menjalankan tugas dan wewenang dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan Unesa yang sudah menjadi PTN BH. Dalam melanjutkan estafet kepemimpinan, ada kaidah yang harus dipegang bersama yaitu mempertahankan yang sudah baik dan terus mencari yang baru yang lebih baik.


“Dengan kata lain kita harus terus berprestasi dan berinovasi melahirkan program maupun produk baru yang lebih baik. Ingat, waktu menjadi PTN BLU, kita menjadi nomor satu Nasional. Akhir tahun kemarin kita borong 10 medali emas dalam ajang bergengsi Nasional yaitu Anugerah Humas Diktiristek dan Anugerah Kerja Sama Diktiristek 2022. Ini yang harus dipertahankan dan ditingkatkan,” ucapnya.


Lebih lanjut, otonomi yang diberikan kepada Unesa sebagai PTN BH dimaksudkan agar lebih gesit dan lincah dalam mencapai tujuan yaitu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, olahraga, seni dan ramah disabilitas.


Sebagai PTN BH, Unesa dituntut untuk melakukan efisiensi dan optimalisasi sumber daya serta penguatan kelembagaan yang bermuara pada tercapainya indikator kinerja utama atau IKU. Perlu dibangun ekosistem kampus yang kondusif dan transformatif untuk mendukung tercapainya visi lembaga.


“Kita harus bekerja lebih keras, disiplin, tetap tangguh dan inovatif untuk menuju kampus kelas dunia atau world class university. Prestasi harus terus kita lahirkan, inovasi perlu kita tingkatkan, termasuk pemeringkatan dunia, dan publikasi Internasional serta internasionalisasi program perlu digencarkan lagi,” terangnya.


Pada era informasi ini, Unesa tidak cukup berinovasi dan berprestasi, tetapi juga harus mampu mengkomunikasikan capaian itu kepada masyarakat. Karena itu pihaknya berpesan kepada pejabat baru untuk mampu bersinergi dalam komunikasi program, inovasi dan prestasinya kepada masyarakat yang bermuara pada branding dan reputasi lembaga.


“Seorang pemimpin harus mengedepankan kepentingan lembaga di atas kepentingan pribadi atau golongan. Selain itu, harus selalu menjaga integritas dan menjadi figur teladan bagi civitas akademika dan masyarakat,” paparnya.


Nama-nama Pejabat
Berdasarkan Keputusan Rektor Unesa Nomor 235 s.d 263/UN38/HK/KP/2023 tentang Pengangkatan Jabatan Wakil Rektor, Dekan, Direktur, Kepala Badan Unesa Periode 2023-2027, adapun nama-nama pejabat yang dilantik tersebut yaitu:


Wakil Rektor
1. Wakil Rektor I, Bidang Pendidikan, Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Madlazim, M.Si.
2. Wakil Rektor II, Bidang Hukum, Ketatalaksanaan, Keuangan, Sumber Daya dan Usaha, Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd.
3. Wakil Rektor III, Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Inovasi, Publikasi dan Pemeringkatan, Junaidi Budi Prihanto, S.KM., M.KM., Ph.D.
4. Wakil Rektor IV, Bidang Perencanaan, Pengembangan, Kerja Sama dan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Dr. Siti Nur Azizah, S.H., M.Hum.,


Dekan
1. Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Prof. Dr. Muhamad Nursalim, M.Si.,
2. Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Syafi’ul Anam, Ph.D
3. Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Prof. Dr. Wasis, M.Si.
4. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd.
5. Dekan Fakultas Teknik (FT), Dr. Maspiyah, M.Kes.,
6. Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK), Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes.
7. Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Prof. Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si.
8. Dekan Vokasi, Suprapto, S.Pd., M.T.,


Direktur
1. Direktur Sekolah Pascasarjana, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd
2. Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Prof. Dr. M. Turhan Yani, MA.,
3. Direktur Lembaga Penjaminan Mutu, Dr. Widowati Budijastuti, M.Si
4. Direktur Lembaga Pendidikan dan Sertifikasi Profesi, Dr. Martadi, M.Sn
5. Direktur Teknologi, Informasi, Komunikasi dan Kerja Sama, Prof. Dr. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D.
6. Direktur Akademik Prof. Dr. Fida Rachmadiarti, M.Kes.
7. Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Muhamad Sholeh, M.Pd.
8. Direktur Inovasi, Pemeringkatan dan Publikasi Ilmiah, Prof. Nadi Suprapto, M.Pd., Ph.D.
9. Direktur Perencanaan dan Pengembangan, Dr. Sugeng Harianto, M.Si.
10. Direktur Keuangan dan Sumber Daya, Prof. Dr. Hariyanti, Ak., M.Si., CA.
11. Direktur Hukum dan Ketatalaksanaan, Dr. Sulaksono, M.H.
12. Direktur Ilmu Keolahragaan, Dr. Setiyo Hartoto, M.Kes.,
13. Direktur Seni dan Budaya, Dr. Trisakti, M.Si.,
14. Direktur Disabilitas, Dr. Wagino, M.Pd.,


Kepala Badan
1. Kepala Badan Pengawasan Internal, Prof. Dr. Leny Yuanita, M.Kes
2. Kepala Badan Pengelola Usaha, Mahendra Wardhana, S.H., M.Kn
3. Direktur Kampus di Luar Kampus Utama, Prof. Dr. Sarmini, M.Hum.


Pendidikan Terbaru