• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Pendidikan

Mahasiswa Unusa Raih Juara di Ajang Program Kreativitas Mahasiswa

Mahasiswa Unusa Raih Juara di Ajang Program Kreativitas Mahasiswa
Mahasiswa Unusa yang meraih juara di ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). (Foto: NOJ/humas)
Mahasiswa Unusa yang meraih juara di ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). (Foto: NOJ/humas)

Surabaya, NU Online Jatim
Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membuat Safety Goggles Myopi dan berhasil meraih juara tiga dengan medali perunggu dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) yang digelar di Universitas Muahmmadiyah Malang (UMM), Sabtu (03/12/2022).


Dimana empat mahasiswa bernama Naufal Ilham Saputra, Husnul Kirom Ramadhani, Amrina Rosyadah ketiganya mahasiswa dari Prodi D4 Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) dan Violin Margaretha Puspita Ningrum dari prodi S1 Keperawatan membuat Safety Goggles Myopi dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) program Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan teknologi (Kemdikbud Ristek) Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti).


Direktur Akademik, Kemahasiswaan (Akamawa) dan Perpustakaan Unusa Umdatus Soleha, S.ST., M.Kes mengatakan, prestasi yang diraih oleh mahasiswa di Pimnas merupakan sejarah baru bagi Unusa. Hal ini dikarenakan beberapa tahun tim Unusa berhasil lolos dalam PKM yang digelar Dikti namun selama itu juga belum berhasil membawa medali bagi Unusa.


"Mahasiswa ini membawa sejarah baru bagi Unusa, dengan prestasi ini membuat Unusa bangga telah memperoleh prestasi yang lebih tinggi," katanya.


Umdatus menilai jika persiapan yang matang dari tim Safety Goggles Myopi membuahkan hasil yang cukup baik. "Kami terus memantau persiapan sebelum berangkat ke Pimnas dan ini hasil jerih payah dari semua pihak," terangnya.


Sedangkan pembina Tim Safety Goggles Myopi, Muslikha Nourma Rhomadhoni, S.KM.,M.Kes menjelaskan, hasil jerih payah mahasiswa ini terbayarkan setelah memperoleh medali. Dengan masukan dan kritik yang dilakukan membuat keempat mahasiswa terus membenahi produk hingga persiapan yang akan dilakukan di Pimnas.


"Awal datang anak-anak sempat minder, namun kami terus memotivasi dan itu yang membuat mahasiswa kita lancar dalam presentasi serta penilaian lainnya," ungkapnya.


Senada, Ketua Tim, Naufal Ilham Saputra mengaku tidak menyangka dengan hasil yang membanggakan. Persiapan yang cukup matang dengan pendampingan dosen serta pihak kampus membuat hasil yang cukup baik.


"Tim sudah berusaha keras untuk mempersiapkan semua ini," jelasnya.


Tim Naufal awalnya sempat minder dengan lawan sekelas kampus ternama, namun pihaknya tetap optimis dan memberikan hasil yang terbaik. “Alhamdulillah Allah meridhoi, sehingga kami tim Safety Goggles Myopi mendapat Medali Perunggu atau setara Juara 3 di kelas PKM-K K3," tandasnya.


Pendidikan Terbaru