• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 26 April 2024

Metropolis

Berbagi, Cara Pelajar NU di Sidoarjo Rayakan Lebaran di Tengah Pandemi

Berbagi, Cara Pelajar NU di Sidoarjo Rayakan Lebaran di Tengah Pandemi
Warga terdampak pandemi mendapatkan paket Sembako dari PAC IPNU-IPPNU Taman, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Hisyam Malik)
Warga terdampak pandemi mendapatkan paket Sembako dari PAC IPNU-IPPNU Taman, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Hisyam Malik)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Perayaan Idul Fitri yang bebarengan dengan wabah pandemi, menggerakkan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdhatul Ulama (IPPNU) Taman Sidoarjo untuk berbagi. Mereka menggelar  kegiatan dengan tema ‘Indahnya Berbagi di Hari yang Fitri.
 

Disampaikan Aisyah selaku Ketua PAC IPPNU Taman bahwa sejumlah warga tidak dapat merayakan Idul Fitri dengan penuh rasa gembira. Hal tersebut karena ada yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK, dirumahkan sementara, hingga pemotongan gaji.

 

“Sebagai pelajar NU kita harus peka dengan kondisi ini. Maka dari itu kami membuat agenda baru di hari Idul Fitri ini dengan agenda berbagi,” katanya, Rabu (27/5).

 

Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) tersebut menjelaskan bahwa agenda ini merupakan wujud kepedulian pelajar NU yang ada di Kecamatan Taman untuk turut membantu masyarakat kurang mampu. Termasuk yang terkena dampak dari wabah pandemi. 

 

Kegiatan dimulai dengan pengumpulan donasi, yang dimulai akhir Ramadlan, pembelanjaan untuk dijadikan paket sembilan bahan pokok atau Sembako, dan pendistribusian. 

 

“Pengumpulan donasi dilakukan secara swadaya, yakni dari kantong pribadi masing-masing pelajar NU se-Kecamatan Taman dan tentunya dari donatur yang tidak mengikat,” jelasnya.

 

Donasi yang terkumpul didistribusikan kepada masyarakat yang memang membutuhkan, khususnya terdampak wabah pandemi. Lebih khusus lagi orang tua pelajar NU di kawasan setempat. 

 

Nailur yang didaulat sebagai ketua pelaksana menjelaskan bahwa untuk teknis pelaksanaan, setiap kepengurusan Ranting IPNU-IPPNU mendapatkan jatah 5 paket Sembako. Selanjutnya diserahkan kepada pihak ranting untuk menentukan siapa yang akan mendapatkan bantuan.

 

“Tentunya dengan kriteria yang sudah kami jelaskan di awal tadi,” ungkapnya.

 

Dari donasi yang didapatkan, terkumpul kurang lebih 100 paket Sembako yang siap untuk dibagikan kepada 18 ranting IPNU-IPPNU Taman. 

 

Rohmat Hidayatulloh sangat berterima kasih atas iktiar dan kerja keras semua pihak sehingga kegiatan dapat terselenggara dengan baik.

 

“Saya atas nama pelajar NU se-Kecamatan Taman mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekanita dan para donatur,” kata Ketua PAC IPNU Taman ini.

 

Dirinya juga berharap kegiatan telah dilakukan senantiasa diridlai Allah SWT dan pandemi segera berakhir.

 

Kontributor: Hisam Malik
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Metropolis Terbaru