Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Giliran Dluafa di Sidoarjo Terima Paket Sembako dari LAZISNU

Giliran Dluafa di Sidoarjo Terima Paket Sembako dari LAZISNU
Warga menerima santunan berupa paket sembako dari LAZISNU di Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Yuli R)
Warga menerima santunan berupa paket sembako dari LAZISNU di Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Yuli R)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Kebangkitan ekonomi di tingkat desa  pada masa adaptasi kebiasaan baru terus dilakukan. Hal tersebut dengan melibatkan peran serta masyarakat, dunia usaha, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) secara aktif.

 

Kali ini aksi nyata dilakukan Unit Pengelola Zakat, Infaq, Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Anak Ranting Perumahan Nirwana Asri, Kelurahan Kemasan, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. Yang dilakukan dalam upaya kebangkitan ekonomi, sekaligus menyemarakkan hari lahir ke-95 NU, membagikan puluhan paket sembako, Ahad (01/02/2021).

 

“Bantuan yang disalurkan kepada umat ini berasal dari gerakan Koin NU Peduli yang sudah berjalan di kawasan perumahan ini,” kata Moch Rofiq.

 

Disampaikan Ketua UPZIS LAZISNU Anak Ranting Perumahan Nirwana Asri tersebut bahwa hasil perolehan Koin NU Peduli rata-rata mencapai tiga juta perbulan. Dan rencana ke depan kaleng akan diperluas lagi wilayah penyebarannya.

 

“Bantuan paket sembako untuk dluafa ini sudah berjalan setahun, dan hari ini menyasar tiga puluh kepala keluarga dluafa warga setempat,” jelasnya.

 

Bantuan diantar langsung ke rumah keluarga penerima manfaat, mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19. “Ini juga untuk menerapkan protokol kesehatan menghindari kerumunan,” jelasnya.

 

Lebih lanjut disampaikan bahwa lembaga telah menyalurkan hasil perolehan dari Koin NU Peduli. Adapun program yang telah dijalankan, yakni penyaluran bantuan paket sembako dluafa setiap bulan. Selain itu juga untuk penyaluran bantuan modal usaha UMKM tahap pertama yang diberikan kepada enam orang warga pelaku usaha.

 

“Hal ini dimaksudkan untuk penguatan permodalan dan pengembangan usaha umat. Penerima bantuan modal ini banyak yang berasal dari usaha mikro dan kecil,” terangnya.

 

Dijelaskannya, bantuan modal ini mayoritas disalurkan dalam bentuk uang tunai, masing-masing sebesar Rp.500.000-Rp.1.500.000, ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada tumbuh kembangnya kewirausahaan warga nahdliyin.

 

“Yang menjadi binaan UPZIS LAZISNU Anak Ranting Perumahan Nirwana Asri, agar mereka semakin kuat perekonomiannya dan lebih berkhidmah di NU,” ujarnya.

 

Hal senada disampaikan oleh Ketua Ranting Nahdlatul Ulama (NU) Kelurahan Kemasan, H Suparjo, bahwa Koin NU Peduli yang sudah berjalan di anak ranting Perumahan Nirwana Asri, manfaatnya telah dirasakan oleh masyarakat, diantaranya penyaluran bantuan paket sembako bagi warga dhuafa dan terdampak Covid-19 yang rutin dilakukan setiap bulan dan bantuan modal usaha UMKM.

 

“Dalam penyerahan paket sembako dan bantuan modal usaha ini, jangan dilihat nominal bantuannya. Tapi lebih pada bagaimana kepedulian NU anak ranting terhadap kaum dluafa, serta tumbuh kembang usaha kecil yang ada di Kelurahan Kemasan,” tegas Suparjo.

 

Suparjo menegaskan, UPZIS di wilayahnya akan memperluas gerakan Koin NU Peduli di lingkungan lainnya.

 

Secara terpisah, Ketua UPZIS LAZISNU Majelis Wakil Cabang (MWC) Krian, H Moch Saichu mengemukakan prestasi LAZISNU Anak Ranting Perumahan Nirwana Asri.

 

“Kami mewakili pengurus LAZISNU Kecamatan Krian sangat berbahagia dan berterima kasih kepada LAZISNU Anak Ranting Perumahan Nirwana Asri. Karena meruakan salah satu UPZIS tingkat anak ranting di lingkungan MWCNU Krian yang cukup aktif berkhidmah dalam gerakan Koin NU Peduli,” ungkapnya.

 

Sementara itu, salah satu penerima bantuan modal, Wasis, adalah warga setempat yang berprofesi sebagai penjual nasi menggunakan rombong di sekitar perumahan tersebut. Perempuan ini mengaku bahagia telah mendapatkan bantuan tersebut.

 

“Kami sampaikan terima kasih kepada LAZISNU, semoga ini bermanfaat dan usaha saya semakin berkembang,” kata Wasis, yang juga aktif di Muslimat NU ini.

 

 

Editor: Syaifullah

 

 

PWNU Jatim