Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Makna Bulan Muharram bagi Fatayat NU Surabaya

Makna Bulan Muharram bagi Fatayat NU Surabaya
Ketua Bidang Dakwah PC Fatayat NU Surabaya Khadijah Navis. (Foto: NOJ/HM)
Ketua Bidang Dakwah PC Fatayat NU Surabaya Khadijah Navis. (Foto: NOJ/HM)

Surabaya, NU Online Jatim

Ketua  Bidang Dakwah Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama Surabaya Khadijah Navis mengingatkan bahwasannya banyak sekali keistimewaan-keistimewaan yang ada di bulan Muharram. Hal itu ia sampaikan kepada para kader Fatayat saat acara tahlil dan doa bersama dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah secara virtual, Kamis (12/08/2021).

 

“Muharram mengajarkan kepada kita untuk bersyahadat kepada Allah SWT dengan husnul khatimah,” katanya.

 

Kepala sekolah SMA Terpadu Nurul Huda Surabaya itu menjelaskan bahwa husnul khatimah itu bisa dilihat dari dua sisi, yaitu melalui ketenangan hati dan perilaku.

 

“Imannya malaikat itu stagnan, imannya setan itu selalu turun, dan imannya manusia tergantung pada dirinya sendiri mau melangkah ke mana. Oleh karena itu, kita sebagai wanita mari menjadi seorang istri dan ibu shalihah yang membawa keluarga ke jalan surganya Allah SWT,” kata Khadijah.

 

Ia bersyukur sekali meski pun dalam keadaan pandemi dan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat terus diperpanjang, namun kegiatan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam masih bisa dilaksanakan, kendati secara virtual.

 

“Apapun yang ditakdirkan oleh Allah SWT mari kita harus senantiasa bersyukur, baik secara ucapan diungkapkan dengan pelafalan Alhamdulillah, atau secara nyata dengan diekspresikan melalui sambung silaturrahim seperti ini,” tutur Khadijah.

 

Editor: Nur Faishal


Editor:
F1 Bank Jatim