• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Juni 2022

Tapal Kuda

Mahasiswa NU di Jember Berbagi Sedekah di Jalanan

Mahasiswa NU di Jember Berbagi Sedekah di Jalanan
Mahasiswa NU di Jember aksi bagi-bagi nasi bungkus. (Foto: NOJ/Muhammad Haris)
Mahasiswa NU di Jember aksi bagi-bagi nasi bungkus. (Foto: NOJ/Muhammad Haris)

Jember, NU Online Jatim

Sejumlah mahasiswa NU dari sejumlah perguruan tinggi di Kabupaten Jember turun ke jalan Akhir pekan lalu. Bukan berdemonstrasi, para mahasiswa tergabung dalam Ikatan Pelajar NU dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPNU-IPPNU) itu melakukan aksi peduli sosial dengan berbagi nasi bungkus kepada warga-warga yang membutuhkan di jalan.

 

Mahasiswa peserta aksi ialah dari PKPT IPNU-IPPNU UIN KHAS Jember, Universitas Jember, PKPT Politeknik Jember, PKPT Universitas Islam Jember, dan PKPT IAI Al Falah As Sunniyah Kencong. Nasi bungkus itu diperoleh dari hasil penggalangan dana dari para alumni, pembina, pengurus dan anggota.

 

Destyan Nico Pratama, Ketua PKPT IPNU UIN KHAS Jember, menjelaskan bahwa aksi ini sebagai bentuk pengabdian secara langsung kepada masyarakat.

 

"Mengaca pada Tri Dharma perguruan tinggi, maka mahasiswa tidak bisa disebut sebagai mahasiswa sejati apabila mereka belum melakukan pengabdian langsung kepada masyarakat. Maka dari itu aliansi PKPT Jember Kencong berupaya untuk menunjukkan pengabdian langsung kemasyarakatan," katanya kepada NU Online Jatim, Senin (06/09/2021).

 

Dia menjelaskan, agenda kegiatan ini rencananya akan dilakukan satu bulan sekali secara rutin serta dilanjutkan diskusi untuk meningkatkan kualitas dari masing-masing PKPT dengan saling berbagi pengalaman di masing-masing PKPT. Rutinitas seperti itu perlu dilakukan untuk mengasah kepedulian kader.

 

"Semoga ini sebagai pembelajaran bagi kita agar terus bisa peduli, bukan hanya kepada pemerintahan, namun juga peka kondisi sosial dengan membantu secara langsung," ujar Destyan.

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru