• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Tapal Kuda

Rasakan Indahnya Berbagi, Ansor di Bondowoso Libatkan Kader hingga Desa

Rasakan Indahnya Berbagi, Ansor di Bondowoso Libatkan Kader hingga Desa
Aksi pembagian zakat fitrah oleh Ansor dan Banser. (Foto: NOJ/KId)
Aksi pembagian zakat fitrah oleh Ansor dan Banser. (Foto: NOJ/KId)

Bondowoso, NU Online Jatim

Ramadlan menjadi momentum bagi kum muslimin untuk meningkatkan kepedulian. Apalagi hingga kini, sejumlah umat Islam masih mnerasakan imbas pandemi Covid-19 yang memukul perekonomian.

 

Karena itu Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso membagikan zakat fitrah kepada mereka yang berhak. Yang menarik, kegiatan melibatkan kader dan pengurus di tingkat pimpinan ranting atau desa.

Agenda pembagian zakat fitrah tersebut dipusatkan di Desa Pelalangan, Kecamatan Wonosari, Ahad, (09/05/2021).

Saifuddin menjelaskan  bahwa kegiatan ini merupakan manifestasi kepedulian kader Ansor di tengah masyarakat. Demikian pula Ansor sudah dikenal berbagai kalangan sebagai salah satu pemuda yang kerap bergerak dan peduli terhadap kondisi warga.

 

Disampaikan Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Wonosari  tersebut bahwa mustahiq mendapatkan bingkisan beras yang berasal dari zakat fitrah pengurus dan anggota..

“Tujuan diadakannya pembagian zakat fitrah dengan melibatkan pimpinan ranting agar para kader maupun pengurus Ansor bisa merasakan langsung indahnya berbagi,” ungkapnya. Demikian pula diharapkan bingkisan yang diberikan lebih tepat sasaran, lanjutnya.

Dikemukakan bahwa bahwa gerakan yang dilakukan kader NU utamanya Ansor tidak hanya berpacu kepada seremonial. Yang juga dilakukan dan ini terpenting adalah dengan menyapa kalangan kurang mampu.

“Dengan demikian, yang kami lakukan tidak eksklusif atau bukan hanya kegiatan formalitas. Apa yang dilakukan kader Ansor memang betul-betul menyentuh dan dirasakan langsung masyarakat," urainya.

Pendistribusian zakat fitrah tersebut merupakan program tahunan yang dilakukan Ansor kawasan ini ketika bulan Ramadlan. Acara berpindah dari satu desa ke desa yang lain.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Tapal Kuda Terbaru