MATAN UINSA Kaji Pentingnya Psikologi dalam Pendidikan Islam
Kamis, 17 Desember 2020 | 11:30 WIB
Surabaya, NU Online Jatim
Pandemi Covid-19 bukan merupakan halangan bagi Pengurus Komisariat (PK) Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu'tabaroh An-Nahdliyyah (MATAN) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dalam melaksanakan kegiatan rutinnya. Namun, kondisi yang sedemikian rupa justru membuat organisasi mahasiswa ini semakin giat menyajikan topik-topik yang bermanfaat bagi khalayak umum.
ADVERTISEMENT BY OPTAD
Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, PK MATAN UINSA kembali menggelar agenda rutin kajian tematik pada Rabu (16/12/2020) sore. Kajian yang dilaksanakan secara virtual tersebut nampak berbeda dari biasanya karena membedah buku karya Gus Alaika M Bagus yang berjudul 'Psikologi Pendidikan Islam'.
ADVERTISEMENT BY ANYMIND
Dalam bedah buku tersebut, Gus Alaika menjelaskan bahwa pendidikan tidak hanya hubungan manusia dengan manusia, tetapi lebih dari itu pendidikan adalah transfer pengetahuan dan ilmu.
ADVERTISEMENT BY OPTAD
“Pendidikan bukan hanya urusan manusia dengan manusia, guru dengan murid, kiai dengan santri, tetapi pendidikan adalah proses transfer pendidikan dan ilmu,” katanya.
ADVERTISEMENT BY ANYMIND
Lebih lanjut, Gus Alaika memaparkan terkait psikologi yang merupakan ilmu untuk mempelajari jiwa.
“Psikologi adalah ilmu tentang jiwa, yang menjadi sebuah ilmu pengetahuan karena subjeknya adalah tingkah laku manusia.” lanjut Dosen STIKES Surabaya ini.
ADVERTISEMENT BY ANYMIND
Oleh karena itu, Pengasuh Pondok Pesantren An-Nuriyyah Surabaya ini mengatakan, jika kajian psikologi dalam ranah pendidikan menjadi sangat penting untuk melakukan pendekatan-pendekatan kejiwaan kepada murid.
“Psikologi pendidikan perlu dikaji oleh guru. Karena guru perlu melakukan pendekatan kepada murid, sehingga guru harus paham psikologi murid dalam melakukan pendidikan atau pembelajaran,” jelasnya.
Dirinya juga mengungkapkan, bahwa psikologi pendidikan adalah upaya perbaikan pembelajaran dan membantu guru dalam memahami proses pembelajaran yang baik.
“Sehingga psikologi pendidikan merupakan proses perbaikan pembelajaran dan membantu pendidik dalam memahami proses pembelajaran yang baik. Ketika guru bisa paham dengan baik, maka guru bisa mengembangkan potensi masing-masing murid dan menjadikan proses pembelajaran berjalan dengan baik, dan efektif," pungkasnya.
Penulis: M Alvin Jauhari
Editor: Risma Savhira
ADVERTISEMENT BY ANYMIND