• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Metropolis

IPPNU Jawa Timur Gelar Simposium untuk Tingkatkan Daya Kritis Kader

IPPNU Jawa Timur Gelar Simposium untuk Tingkatkan Daya Kritis Kader
Pamflet Symposium and Call For Ideas. (Foto: NOJ/Luluk)
Pamflet Symposium and Call For Ideas. (Foto: NOJ/Luluk)

Surabaya, NU Online Jatim

Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PW IPPNU) Jawa Timur gelar Symposium and Call For Ideas dengan mengusung tema "Tantangan dan Peluang Sistem Pendidikan yang Berkarakter serta Berwawasan Global di Era Industri 4.0". Kegiatan ini digelar mulai tanggal 10 Desember hingga 16 Desember 2020.

 

Izzah Afadha, selaku panitia, kegiatan ini diperuntukkan kader IPPNU se-Jawa Timur dengan ketentuan dan syarat yang telah tertera di Pamflet atau terlampir dalam Term OF Reference (TOR), salah satunya mendapat rekomendasi dari Pimpinan Cabang (PC) setempat.  

 

"Setiap PC maksimal mendelegasikan lima kelompok, dalam satu kelompok terdiri dari dua kader. Peserta bisa mengirim essaynya melalui e-mail PW IPPNU Jatim yang tertera di TOR," katanya pada Ahad, (13/12/2020).

 

Berbeda dengan webinar, wanita yang akrab disapa Afadha menjelaskan, bentuk komunikasi simposium ini tidak hanya satu arah seperti metode ceramah, tapi mengangkat suatu topik yang nantinya akan direspon peserta melalui gagasan-gagasan mereka. Sehingga kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk memantik daya kritis kader IPPNU Jawa Timur.

 

"Bagaimana kita nantinya merespon hal-hal yang terjadi saat ini, termasuk sektor pendidikan yang sekarang tengah berada dalam perkembangan teknologi dan informasi di industri 4.0, belum lagi dengan kondisi pandemi saat ini," lanjut Afadha.

 

Selain itu, latar belakang kegiatan tersebut fokus pada program pendidikan. Tidak lain, karena pendidikan adalah salah satu kunci agar mampu memperbaiki segala hal yang ada di dalamnya. Baik dari segi ekonomi maupun karakter orang-orang di dalamnya.

 

"Pendidikan itu menjadi suatu pondasi agar kita mampu membangun suatu peradaban dan pemberdayaan bagi segala aspek kehidupan masyarakat," ungkapnya.

 

Tiga gagasan terbaik IPPNU Symposium berkesempatan mempersentasikan gagasannya melalui zoom cloud meeting pada tanggal 21 Desember 2020.

 

"Tiga ide terbaik akan dipresentasikan secara virtual melalui aplikasi zoom," pungkasnya.


Metropolis Terbaru