Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network

Tapal Kuda

Ketua IPNU Kencong: Kader Harus Kembangkan Potensi Diri

Ketua PCNU Kencong menjelaskan bahwa Lakmud sebagai upaya membangun kader yang memiliki motivasi pengembangan diri. (Foto: NOJ/Habib Aziz Ar Rozi)

Jember, NU Online Jatim
Sejumlah ikhtiar harus dilakukan demi melahirkan kader militan. Seperti yang dilakukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember dengan menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud). Kegiatan dipusatkan di MI Nahdlatul Ulama 02 Kencong, Jember sejak Senin hingga  Rabu (04-06/07/2022).


Ahmad Baha'uddin selaku Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Kencong menjelaskan Lakmud sebagai upaya membangun kader IPNU-IPPNU yang memiliki motivasi pengembangan diri. Termasuk rasa memiliki terhadap organisasi dan keterampilan berorganisasi, serta upaya pembentukan standard kader yang mandiri.


"Jika identitas berorganisasi tertanam kuat dalam diri masing-masing, maka akan timbul rasa memiliki terhadap organisasi. Dari rasa memiliki tersebut, kader IPNU-IPPNU akan memberikan yang terbaik untuk organisasi," katanya.


Dirinya berharap peserta Lakmud kali ini bisa memahami dan mengembangkan tiga isu pokok yang harus dijawab oleh kader IPNU-IPPNU.Di antaranya penguatan ideologi berbasis Ahlu sunnah wal Jama’ah an-Nahdliyah, isu kebangsaan dan pentingnya literasi digital.


"IPNU-IPPNU harus hadir dan pro aktif menjawab tantangan-tantangan ini dengan gerakan dan aksi nyata," tegasnya.


Sedangkan Ketua PAC IPNU Kencong, Alfa Isnaini mengatakan, tujuan diadakannya Lakmud untuk mengorganisir kader agar loyal dan militan kepada organisasi.


"Selain itu, sebagai bekal agar bisa mengikuti kaderisasi latihan instruktur atau Latin dan latihan pelatih yakni Latpel di tingkat pimpinan cabang,” katanya.


Dirinya pun berpesan, agar kader IPNU-IPPNU yang mengikuti Lakmud selama 3 hari benar-benar dapat mengamalkan ilmu yang telah didapatkan. Juga bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat.


“Jika kader Lakmud mengamalkan ilmunya, maka dia sudah menunjukkan identitas, kualitas, dan loyalitasnya terhadap organisasi,” ujar dia.


Kegiatan mengusung tema "Mewujudkan Kader yang Berkualitas dalam Menyongsong 1 Abad Nahdlatul Ulama" dan diikuti puluhan peserta terpilih. Mereka merupakan utusan dari internal IPNU-IPPNU se-cabang Kencong dan cabang eksternal.

 

Penulis: Habib Aziz Ar Rozi

Editor: Syaifullah

Artikel Terkait